Mas, linda (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasil Kelas II di MI Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI_Maslinda_202101040032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Maslinda, 2025: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas II di MI Al-Hidayah Mangli Jember Pada Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar Siswa,Pendidikan Pancasila.
Penitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila yang seringkali disebabkan kurangnya daya tarik pembelajaran yang digunakan, berdasarkan Model Pemelajaran scramble merupakan salah satu model jenis pembelajara yang menyajikan permaian dalam tiap kelompok sehingga bisa membuat seluruh peserta didik yang bergabung dalam tiap kelompok tersebut lebih aktif dalam menuntaskan serta mencari jawaban yang telah disiapkan atau disajikan. Oleh karena itu pada penelitian ini menggunakan model pembelajaran scramble sebagai upaya mendorong siswa untuk lebih aktif saat pembelajaran karena pembelajaran yang melibatkan siswa.
Rumusan masalah pada penelitian yaitu,(1)Bagaimana hasil belajar siswa sebelum meggunakan model pembelajaran scramble?, (2)Bagaimana hasil belajar siswa setelah mengunakan model pembelajaran scramble?, (3)Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila?.Tujuan dari penelitian ini antara lain (1)Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran scramble, (2)Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran scramble, (3)Untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimen melalui desain non equivalent control group desaign. Metode pengumpulan data yakni menggunakan tes, observasi, dan dokumtasi. Sampel penelitian ini terdiri dari 61 siswa kelas IIA dan B yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas IIA yang tidak menerapkan model pembelajaran scramble dan kelas IIB yang menerapkan model pembelajaran scramble. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah medapatkan perlakuan. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Idependent sampel t-test untuk menguji perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, serta uji dependen untuk menguji perbedaan dalam kelompok eksperimen, Kemudian olah datanya menggunakan bantuan software IBM SPSS 25.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran scramble, yakni kelompok kelas kontrol (pretest) mendapatkan rata-rata 35,52 dan untuk kelompok kelas eksperimen (pretest) mendapatkan rata-rata 43,44. Dan nilai signifikan 0,000 (p > 0,05). (2) peningkatan hasil belajar siswa stelah menerapkan model pembelajaran scramble ditunjukkan melalui hasil belajar kelompok kelas eksperimen yang meningkat signifikan (p = 0,000). Rata-rata nilai posttest untuk eksperimen adalah 84.38, meningkat dari 43.44 pada pretest. (3) pengaruh signifikan model pembelajaran scramble dihitung menggunakan uji dependen menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai posttest kelompok kelas eksperimen (84.38) dan kontrol (62.7) dengan p = 0,000. Yang menunjukkan bahwa model pembelajaran secramble secara signifikan meningkatka hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mas linda |
Date Deposited: | 06 May 2025 06:08 |
Last Modified: | 06 May 2025 06:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |