Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di MTs Ma’arif NU Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

Khoirun Nisa, - (2021) Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di MTs Ma’arif NU Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Kependidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Khoirun Nisa_T20171166.pdf

Download (3MB)

Abstract

Khoirun Nisa, 2021 : Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di MTs Ma’arif NU Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata Kunci : Model discovery Learning, Pembelajaran Akidah Akhlak Pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning adalah pembelajaran yang melibatkan siswa langsung dalam proses pembelajaran. Bruner menyatakan bahwa model pembelajaran dengan discovery learning mendorong peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan menarik kesimpulan dari prinsip-prinsip umum berdasarkan pengalaman dan kegiatan praktis. Adapun fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MTs Ma’Arif NU Jenggawah ? 2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MTs Ma’arif NU Jenggawah? 3) Bagaimanakah evaluasi pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MTs Ma’Arif NU Jenggawah ? Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan : 1) Perencanaan pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MTs Ma’arif NU Jenggawah, 2) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MTs Ma’arif NU Jenggawah, 3) Evaluasi pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MTs Ma’arif NU Jenggawah. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif field research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah berikut : kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MTs Ma’arif NU Jenggawah Jember yaitu membuat silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang didalamnya terdiri dari langkah-langkah pembelajaran model Discovery Learning. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MTs Ma’arif NU Jengggawah Jember yaitu pertama, kegiatan pendahuluan yaitu salam, berdoa, absensi siswa, stimulasi dan pernyataan masalah; kedua, kegiatan inti yaitu “a) pengumpulan data b) pemerosesan data dan c) verifikasi ; dan ketiga, kegiatan penutup yaitu generalisasi, memberi tugas individu di rumah dan berdoa serta salam penutup; 3) Evaluasi pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MTs Ma’arif NU Jenggawah Jember yaitu menggunakan evaluasi formatif berupa tes objektif bentuk pilihan ganda dan penilaian sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:09
Last Modified: 21 Apr 2022 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4105

Actions (login required)

View Item View Item