Alamsyah, Elmania (2025) Pengaruh Model Think Pair Share Dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Di SDS Islam Ulul Albab Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
TESIS ELMANIA ALAMSYAH .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Elmania Alamsyah, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Thik Pair Share Dan
Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran
IPAS Di SDS Islam Ulul Albab Jember. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr.
Andi Suhardi, S.T., M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. Moh. Sutomo, M.Pd.
Kata Kunci: Think Pair Share, Efikasi Diri, Berpikir Kritis
Latar belakang dari pelaksanaan penelitian ini berawal dari rendahnya
kemampuan berpikir secara kritis peserta didik terhadap pembelajaran IPAS yang
dilaksanakan dengan model yang monoton dan kurang variatif. Sehingga peserta
didik kurang tergugah dan cenderung malas untuk berfikir secara kritis dalam
menghadapi permasalahan dalam pembelajaran.
Adapun rumusan masalah ini terdiri dari 1)Apakah model think pair share
berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran
IPAS di SDS Islam Ulul Albab Jember? 2)Apakah efikasi diri berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS di SDS Islam Ulul
Albab Jember? 3)Apakah ada pengaruh interaksi antara model think pair share dan
efikasi diri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis?.
Tujuan dari rumusan masalah ini adalah 1)Untuk menguji pengaruh model
think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran
IPAS. 2)Untuk menguji pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis
peserta didik pada pembelajaran IPAS. 3)Untuk menguji pengaruh interaksi antara
model think
efikasi
didik pada pembelajaran IPA S. Kasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta
Pendekatan dalam
model pembelajaran ceramah dan
share. Teknik
quasi eksperimen, kelas kontrolan
menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian
kelas eksperimen menggunakan fink Pair shared tabek pengumpulan data berupa
Analisis data yang digunakan adalah uji two way anova untuk mengetahui pengaruh
model think pair share dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta
didik pada pembelajaran IPAS dengan bantuan aplikasi SPSS 27 dan ANATES.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: (1) ada pengaruh
penggunakan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan berpikir
kritis pada pembelajaran IPAS di SDS Islam ulul Albab Jember dengan sign
0,000<0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (2)ada pengaruh efikasi diri
terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS di SDS Islam Ulul
Albab Jember dengan memperoleh sign 0,000 hal ini menunjukkan bahwa nilai sign
0,000 0,05, sehingga Ho ditolak dan Hå diterima. (3) ada pengaruh interaksi antara
model think pair share dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis di SDS
Islam Ulul Albab Jember dengan memperoleh sign 0,000 hal ini menunjukkan bahwa
nilai sign 0,000 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Elma Elmania Alamsyah |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |