Peran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025

Ibrahim, MF Azrah Izhar (2025) Peran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Mf Azrah Izhar Ibrahin_202101090001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru IPS, Sikap Sosial Siswa.
Globalisasi telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, dengan
efek yang tidak hanya positif tetapi juga negatif. Hal ini sangat berpengaruh
terhadap sikap sosial siswa. banyak siswa yang berperilaku tidak baik dikarenakan
kurangnya pendidikan sikap terutama di sekolah. Oleh karena itu pendidikan sikap
sangat penting dalam mengembangkan sikap sosial siswa.
Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru IPS sebagai
pendidik dalam mengembangkan sikap sosial siswa di SMP Tri Bhakti
Tegaldlimo Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025?; 2) Bagaimana peran guru
IPS sebagai penasehat dalam mengembangkan sikap sosial siswa SMP Tri Bhakti
Tegaldlimo, Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025?; 3) Bagaimana peran guru
IPS sebagai motivator dalam mengembangkan sikap sosial siswa SMP Tri Bhakti
Tegaldlimo, Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025? Tujuan penelitian ini
adalah: 1) mendeskripsikan peran guru IPS sebagai pendidik dalam
mengembangkan sikap sosial siswa di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi
tahun pelajaran 2024/2025; 2) mendeskripsikan peran guru IPS sebagai pendasihat
dalam mengembangkan sikap sosial siswa di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo
Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025; 3) mendeskripsikan peran guru IPS
sebagai motivator dalam mengembangkan sikap sosial siswa di SMP Tri Bhakti
Tegaldlimo Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025.
Metode ini penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini
dilakukan di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan model interaktif Milles, Huberman dan Saldana yang meliputi
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) peran guru IPS sebagai pendidik dalam
mengembangkan sikap sosial siswa dilaksakan dengan cara guru memberikan
contoh yang baik didalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran 2) peran
guru sebagai penasihat dalam mengembangkan sikap sosial siswa dilaksanakan
dengan cara guru memberikan nasihat berupa arahan, peringatan dan hukuman 3)
peran guru sebagai motivator dalam mengembangkan sikap sosial siswa
dilaksakan dengan cara memberikan kata-kata motivasi dan juga hadiah kepada
siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: MF Azrah Izhar Ibrahim
Date Deposited: 26 May 2025 06:31
Last Modified: 26 May 2025 06:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41361

Actions (login required)

View Item View Item