Khalid Bin Walid, Muhamad Zakariya Anshari (2025) Optimalisasi Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Metode Al-Miftah Lil’Ulum di Pondok Pesantren Darul Maghfur Lombok Kulon Wonosari Bondowoso. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
MUHAMAD ZAKARIYA ANSHARI KHALID BIN WALID_233206030034..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kitab kuning memiliki nilai yang sangat tinggi dalam pendidikan agama Islam, khususnya di pondok pesantren. Namun, tantangan dalam pembelajaran kitab kuning sering kali muncul, seperti kesulitan dalam memahami bahasa Arab klasik, struktur gramatikal, dan kompleksitas materi yang diajarkan. Kesulitan ini sering membuat santri merasa terhambat dalam proses pemahaman dan penerapan isi kitab. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang efektif, salah satunya adalah metode Al-Miftah Lil Ulum. Metode ini dirancang untuk membantu santri dalam memahami bahasa Arab dan struktur kitab kuning dengan cara yang lebih sistematis dan mudah dipahami, sehingga dapat meningkatkan kemampuan santri dalam memahami dan menguasai kitab-kitab tersebut dengan lebih baik.
Tujuan dari pembelajaran kitab kuning dengan metode Al-Miftah Lil’ulum ini adalah (1) Megetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran kitab kuning dengan metode Al-Miftah Lil Ulum, (2) Mengetahui optilamlisasi program pembelajaran kitab kuning menggunakan metode Al-Miftah Lil Ulum, (3)Mengetahui tantangan dan solusi dalam penerapan metode Al-Miftah Lil Ulum. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Darul Maghfur Lombok Kulon Wonosari Bondowoso. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan tiga tahapan yakni, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data yang telah di peroleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi metode Al-Miftah Lil’Ulum meliputi perencanan yang matang baik dari tujuan, materi dan penjadwalan, beserta pelaksanaan yang menggabungkan antara metode tradisional dan modern, dan evaluasinya melalui tes tulis dan lisan, (2) Efektifitas mengoptimalkan pembelajaran kitab kuning melalui pendekatan gramatikal yang sistematis dalam empat jilid, mencakup nahwu, sharaf, balaghah, dan fiqih. Metode ini membantu santri memahami struktur bahasa dan isi teks serta meningkatkan motivasi belajar, (3) Pengembangan metode Al-Miftah Lil’Ulum dilakukan dengan menambah jam pelajaran pagi dan juga pengadaan MUNADA (musabaqah antar delegasi al-miftah) wilayah Bondowoso. Secara keseluruhan, metode ini layak diterapkan secara luas di lingkungan pesantren.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Zakariya Anshari Khalid Bin Walid |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 04:22 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 04:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |