Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umroh Di PT Ebad Group Jember

Hidayatullah, Muhammad Faris (2025) Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umroh Di PT Ebad Group Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Muhammad Faris Hidayatullah (212103040006(.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

PT Ebad Group Jember merupakan biro perjalanan umroh yang beroperasi
di bawah naungan PT Ebad Al Rahman Wisata. Di tengah tingginya minat
masyarakat terhadap ibadah umroh, persaingan antar biro perjalanan di Kabupaten
Jember semakin ketat. Hal ini berdampak pada menurunnya jumlah jamaah PT
Ebad Group, disebabkan oleh munculnya banyak kompetitor serta dinamika
kepercayaan masyarakat terhadap biro perjalanan haji dan umroh di Jember yang
memiliki beberapa problem. Untuk mengatasi tantangan tersebut, perlu
menerapkan manajemen strategi yang tepat untuk tujuan perusahaan.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah bagaimana formulasi, implementasi
dan evaluasi strategi dalam meningkatkan jumlah jamaah umroh di PT. Ebad Group
Jember. Sedangkan tujuan pada penelitian ini adalah bagaimana formulasi,
implementasi dan evaluasi strategi dalam meningkatkan jumlah jamaah umroh di
PT. Ebad Group Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian
deskriptif, Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah,
wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan pada keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekni, dalam melakukan analisis
data pada penelitian ini menggunakan 4 tahap yaitu: Pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perumusan strategi, perusahaan
fokus pada empat hal utama, yaitu komitmen terhadap misi awal, promosi secara
eksplisit yaitu strategi secara online dan offline, strategi implisit melalui
kemudahan pembayaran bekerja sama dengan lembaga keuangan, serta kebijakan
etis bagi staf. Implementasi strategi dilakukan melalui program kerja, promosi
media sosial, kerja sama dengan komunitas keagamaan, serta pengaturan anggaran
dan penyusunan prosedur pelaksanaan yang sistematis. Evaluasi strategi mencakup
peninjauan faktor internal dan eksternal, pengukuran kinerja, serta tindakan
korektif. Secara internal, strategi promosi online berjalan baik, namun distribusi
brosur kurang efektif. Dari sisi eksternal, persaingan ketat dan kebutuhan jamaah
yang beragam menuntut perusahaan untuk menawarkan kombinasi layanan dan
harga yang kompetitif. Kinerja perusahaan menunjukkan kestabilan jumlah jamaah
serta respons positif di media sosial dan platform digital. Tindakan korektif
dilakukan dengan peningkatan konten kreatif, kolaborasi dengan media lokal, dan
pendekatan komunitas.

Kata Kunci : Perencanaan Strategi, Implementasi Strategi, Evaluasi Strategi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Faris Hidayatullah
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:13
Last Modified: 23 Jun 2025 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43446

Actions (login required)

View Item View Item