Model Project Based Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMK Plus Nurul Ulum Panti Jember

Nurhidayah, Siti (2025) Model Project Based Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMK Plus Nurul Ulum Panti Jember. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NURHIDAYAH_223206030047.pdf

Download (9MB)

Abstract

Nurhidayah, Siti, 2025. Model Project Based Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMK Plus Nurul Ulum Panti Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. Moch. Chotib, S.Ag, M.M Pembimbing II: Dr. H. Saihan, S.Ag., M.Pd.I
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif
Model pembelajaran berbasis proyek atau project based learning sangat relevan dan dapat diterapkan sesuai dengan standar proses pembelajaran. Pada tahap perencanaan, guru merancang proyek yang sesuai dengan konteks nyata, disertai tujuan pembelajaran, kegiatan kolaboratif, dan indikator keberhasilan. Dalam pelaksanaannya, peserta didik aktif mengeksplorasi masalah, bekerja sama dalam tim, dan mencari solusi melalui tahapan proyek yang mendorong berpikir kritis dan kreatif. Penilaian dilakukan secara autentik, mencakup proses dan hasil kerja peserta didk, baik secara individu maupun kelompok.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan project based learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI DPB pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Plus Nurul Ulum Panti Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan project based learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI DPB pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Plus Nurul Ulum Panti Jember? 3) Bagaimana evaluasi hasil project based learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI DPB pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Plus Nurul Ulum Panti Jember?
Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Sedangkan analisis data kualitatif deskriptif model interaktif Miles, Huberman dan Saldana meliputi kondesasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber, teknik dan member chek.
Hasil penelitian diantaranya 1) Perencanaan project based learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI DPB dengan 5 tahapan yakni memilih topik proyek, kegiatan pra-komunikasi, mengajukan pertanyaan penting, merancang rencana proyek, dan membuat waktu proyek. 2) Pelaksanaan project based learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI DPB hanya mengunakan satu tahapan yakni menyelesaikan proyek. Peserta didik membuat proyek berupa video pendek perkelompok terdiri dari 5-10 orang. 3) Evaluasi hasil project based learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI DPB terdapat 2 tahapan yaitu menilai hasil proyek dan mengevaluasi proyek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nurhidayah
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:43
Last Modified: 24 Jun 2025 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43616

Actions (login required)

View Item View Item