Kholifah, Siti Nanik (2025) PENGARUH DISCOUNT SHOPEE LIVE, REVIEW PRODUCT, DAN CASH ON DELIVERY (COD) CEK DULU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI FITUR SHOPEE LIVE (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember). Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Siti Nanik Kholifah, Nur Ika Mauliyah, 2025: Pengaruh Discount Shopee Live, Review Product, dan Cash On Delivery (COD) Cek Dulu Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Fitur Shopee Live (Studi Kasus pada Mahsiswa FEBI UIN KHAS Jember).
Kata Kunci: Discount Shopee Live, Review Product, dan Cash On Delivery (COD) Cek Dulu, Keputusan Pembelian, Shopee Live.
Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak kepada seluruh aktivitas masyarakat. Dengan maraknya pengguna internet maka terciptalah online shopping (belanja online) yang memudahkan kita untuk berbelanja menggunakan internet dan dapat menghemat waktu maupun biaya dibandingkan berbelanja secara offline/datang langsung ke toko. Sehingga berbelanja di internet menjadi pilihan masyarakat untuk bertransaksi jual beli yang dapat dilakukan secara mudah dan efisien. Kebiasaan berbelanja yang awalnya secara langsung kini berubah menjadi tidak langsung melalui E-commerce. Salah satu E-commerce yang sering digunakan yaitu aplikasi Shopee.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah discount shopee live berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui fitur shopee live pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 2) Apakah review product berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui fitur shopee live pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 3) Apakah cash on delivery (cod) cek dulu berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui fitur shopee live pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 4) Apakah discount shopee live, review product, dan cash on delivery (cod) cek dulu berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui fitur shopee live pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel discount shopee live, review product, dan cash on delivery (cod) cek dulu secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian melalui fitur shopee live pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember.
Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sampel dengan nonprobability sampling dan menggunakan rumus Lemeshow sehingga didapat total sampel 385 responden, sampel yang dipilih yaitu mahasisswa FEBI UIN KHAS Jember yang pernah melakukan pembelian di Shopee live, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan SPSS 23 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu: 1) Diperoleh nilai thitung 5,598 > ttabel 1,966 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. 2) Hasil nilai thitung 3,683 > ttabel 1,966 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 maka H2 diterima. 3) Hasil nilai thitung 6,052 > ttabel 1,966 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 maka H3 diterima. 4) Hasil nilai fhitung 96,908 > ftabel 2,63 dan niai sig. 0,000 < 0,05 maka H4 diterima, artinya discount shopee live, review product, dan cash on delivery (cod) cek dulu secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui fitur shopee live pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. 5) nilai Adjust R Square sebesar 0,428.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Nanik Kholifah |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 07:47 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43721 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |