ashari, mochammad firmansyah (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA C NEGERI PATRANG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
MOCHAMMAD FIRMANSYAH ASHARI_T20181110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mochammad Firmansyah Ashari, 2023: “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Bagi Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa C Negeri Patrang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024”
Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, Anak Tunagrahita, Sekolah Luar biasa.
Tunagrahita adalah suatu kondisi anak yang kecerdasannya jauh di bawah rata-rata dan ditandai oleh keterbatasan inteligensi dan ketidak cakapan dalam komunikasi sosial. Anak berkebutuhan khusus ini juga sering dikenal dengan istilah terbelakang mental karena keterbatasan kecerdasannya. sebagai salah satu unsur dalam proses pendidikan dituntut untuk membantu meningkatkan keberhasilan mengajaranya dalam upaya tujuan pendidikan nasional. Pembelajaran metode tersebut berpusat pada pengembangan metode pengajaran dengan Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Bagi Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa C Negeri Patrang Jember.
Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa C Negeri Patrang Jember tahun pelajaran 2023/2024?
2) Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi anak tunagrahita di Sekolah luar Biasa C Negeri Patrang Jember tahun pelajaran 2023/2024?
3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi anak tunagrahita di Sekolah luar Biasa C Negeri Patrang Jember tahun pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Perencanaan Pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunagrahita memiliki tujuan, materi, dan metode dalam pembelajaran yang diterapkan di Sekolah Luar Biasa C Negeri Patrang jember. anak tunagrahita adalah anak berkebutuhan khusus beda dengan anak normal seperti biasanya. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Luar Biasa C Negeri Patrang Jember terdiri dari tiga Langkah yaitu kegiatan pembuka,kegiatan inti, kegiatan penutup. 3) Untuk teknik evaluasi menggunakan Teknik evaluasi tulis dan lisan. Instrumen evaluasinya menggunakan instrumen tulis dan lisan yang disusun oleh guru Pendidikan agama islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mochammad Firmansyah Ashari |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 02:55 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 02:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |