PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENDAPATAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK RAKYAT INDONESIA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNNIS ISLAM UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Ningsih, Linda Wahyu (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENDAPATAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK RAKYAT INDONESIA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNNIS ISLAM UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_LINDA WAHYU NINGSIH_212105010071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Diera globalisasi ini yang semakin meningkat, banyak hal-hal yang harus
diperhatikan terutama di dunia perbankan, yang berkembang begitu pesat. Salah
satu lembaga keuangan pemerintah salah satunya PT Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Tbk yang di kenal oleh masyarakat dengan sebutan BRI.
Rumusan masalah penelitian adalah 1) Apakah literasi keuangan berpengaruh
secara parsial terhadap minat menabung di BRI pada mahasiswa FEBI UIN Kiai Haji
Achmad Siddiq Jember ? 2) Apakah pendapatan berpengaruh secara parsial terhadap
minat menabung di BRI pada mahasiswa FEBI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq
Jember ? 3) Apakah promosi berpengaruh secara parsial terhadap minat menabung di
BRI pada mahasiswa FEBI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 4) Apakah literasi
keuangan, pendapatan, promosi berpengaruh secara simultan terhadap minat
menabung di Bank Rakyat Indonesia pada mahasiswa FEBI UIN Kiai Haji Achmad
Siddiq Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah literasi keuangan
berpengaruh secara parsial terhadap minat menabung di BRI pada mahasiswa FEBI
UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 2) Untuk mengetahui apakah pendapatan
berpengaruh secara parsial terhadap minat menabung di BRI pada mahasiswa FEBI
UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 3) Untuk mengetahui apakah promosi
berpengaruh secara parsial terhadap minat menabung di BRI pada mahasiswa FEBI
UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 4) Untuk mengetahui apakah literasi
keuangan, pendapatan, promosi berpengaruh secara simultan terhadap minat
menabung di BRI pada mahasiswa FEBI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan purposive sampling menggunakan rumus slovin. Analisis data yang
digunakan adalah uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis
linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan tidak
berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat menabung di BRI pada
mahasiswa FEBI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Variabel pendapatan tidak
berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat menabung di BRI pada
mahasiswa FEBI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Variabel promosi memiliki
pengaruh signifikan secara parsial terhadap minat menabung di BRI pada mahasiswa
FEBI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Secara simultan variabel literasi
keuangan, pendapatan, promosi berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di
BRI a pada mahasiswa FEBI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Miss Lindawahyu Ningsih
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:55
Last Modified: 25 Jun 2025 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43946

Actions (login required)

View Item View Item