Haliyah, Zela Zuhroul (2025) PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, LITERASI KEUANGAN, PERSYARATAN MODAL MINIMUM, DAN SOCIAL MEDIA INFLUENCERTERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL INDONESIA: STUDI KASUS MAHASISWA FEBI UIN KHAS JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI ZELA ZUHROUL HALIYAH- 21410030015 FIXBGT(1).pdf Download (4MB) |
Abstract
Adanya tren peningkatan jumlah investor di Pasar Modal Indonesia dari
tahun ke tahun yang tetapi tidak menunjukkan stabilan membuat hal tersebut
menjadi daya tarik untuk di teliti. Studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN KHAS
Jember dipilih karena representasi generasi muda yang memiliki potensi besar
dalam perkembangan pasar modal.
Rumusan masalah dari penelitian ini antara lain: 1) Apakah pengetahuan
investasi berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa FEBI UIN
KHAS Jember? 2) Apakah literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap
minat investasi mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 3) Apakah persyaratan
modal minimum berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa
FEBI UIN KHAS Jember? 4) Apakah social media influencer berpengaruh
signifikan terhadap minat investasi mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 5)
Apakah pengetahuan investasi, literasi keuangan, persyaratan modal minimum,
dan social media influencer secara bersama - sama berpengaruh signifikan
terhadap minat investasi mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis pengaruh pengetahuan
investasi terhadap minat investasi mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. 2) Untuk
menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap minat investasi mahasiswa
FEBI UIN KHAS Jember. 3) Untuk menganalisis pengaruh persyaratan modal
minimum terhadap minat investasi mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. 4)
Untuk menganalisis pengaruh social media influencer terhadap minat investasi
mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. 5) Untuk menganalisis pengetahuan
investasi, literasi keuangan, persyaratan modal minimum, dan social media
influencer secara bersama sama berpengaruh simultan terhadap minat investasi
mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember.
Penelitian ini mengimplementasikan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama dalam mengumpulkan data dari
100 mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Kiai Haji
Achmad Siddiq Jember, yang berasal dari angkatan 2021, 2022, 2023, dan 2024.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial pengetahuan investasi
dan literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat investasi
mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember, sedangkan persyaratan modal minimum
dan social media influencer berpengaruh signifikan terhadap minat investasi
mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. Secara simultan, pengetahuan investasi,
literasi keuangan, persyaratan modal minimum, dan social media influencer
berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Persyaratan Modal Minimum, Social Media Influencer, Minat Investasi Mahasiswa, Pasar Modal, FEBI UIN KHAS Jember. |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah |
Depositing User: | Ms Zela Zuhroul Haliyah |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:44 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |