Analisis Proses Hafalan Al-Qur'an Berdasarkan Tes STIFIn pada Siswa Program Tahfidz MTs Unggulan Nuris Jember

Salafiyah, Binti Risalatus (2025) Analisis Proses Hafalan Al-Qur'an Berdasarkan Tes STIFIn pada Siswa Program Tahfidz MTs Unggulan Nuris Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
hard-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Salafiyah, tu, 2025. Analisis Proses Hafalan Al-Qur'an Berdasarkan Tes STIFIn pada Siswa Program Tahfidz MTs Unggulan Nuris Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Moh. Sahlan, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Indah Wahyuni, M. Pd.
Kata Kunci: Proses Hafalan Al-Qur'an, Tes STIFIn, Program Tahfidz
Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu usaha menjaga atau memelihara kalam Allah yang pernah diterima oleh hati dan pikiran sehingga dapat mengingatnya kembali sesuai mushaf. Dalam pemilihan metode menghafal Al-Qur’an perlu diketahui terlebih dahulu proses setiap invidu dalam menghafal Al-Qur’an. Hal ini menjadikan potensi pada diri sendiri penting untuk diketahui sebagai bekal dalam mendapat gambaran informasi mengenai proses hafalan Al-Qur’an seseorang. Alat tes kecerdasan yang dapat memberikan informasi seputar potensi individu salah satunya adalah tes STIFIn.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses hafalan Al-Qur’an siswa dengan kecerdasan sensing di program tahfidz MTs Unggulan Nuris Jember? 2) Bagaimana proses hafalan Al-Qur’an siswa dengan kecerdasan intuiting pada siswa di program tahfidz MTs Unggulan Nuris Jember? 3) Bagaimana proses hafalan Al-Qur’an siswa dengan kecerdasan feeling di program tahfidz MTs Unggulan Nuris Jember?
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kajian dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member check.
Temuan penelitian ini adalah: 1) Proses hafalan Al-Qur’an berdasarkan tes STIFIn dengan mesin kecerdasan sensing didominasi oleh mengulang-ulang ayat yang akan dihafal karena tipe ini mempunyai ciri khas hafalan yang kuat. Tipe sensing juga identik dengan sistematis. 2) Proses hafalan Al-Qur’an berdasarkan tes STIFIn dengan mesin kecerdasan intuiting didominasi dengan hubungan semantik dan imajinasi kandungan dari ayat-ayat Al-Qur’an yang dihafalkan. Siswa intuiting memiliki record setoran yang cukup bagus, bahkan lebih unggul dari siswa lainnya. 3) Proses hafalan Al-Qur’an berdasarkan tes STIFIn dengan mesin kecerdasan feeling didominasi oleh emosi, perasaan dan hubungan interaksi. Selain mengedepankan suasana hati, siswa feeling juga sangat terpengaruh dengan adanya apresiasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs binti risalatus salafiyah
Date Deposited: 04 Jul 2025 05:36
Last Modified: 04 Jul 2025 05:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46039

Actions (login required)

View Item View Item