MANAJEMEN POST SCHOOL TRANSITION MELALUI PROGRAM MAGANG JEPANG UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TEKNOLOGI BALUNG-JEMBER

Wahyuni, Ririn (2025) MANAJEMEN POST SCHOOL TRANSITION MELALUI PROGRAM MAGANG JEPANG UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TEKNOLOGI BALUNG-JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RIRIN WAHYUNI 212101030076.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Ririn Wahyuni, 2025: Post School Transition Melalui Program Magang Jepang Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Balung Jember
Kata Kunci: Post School Transition, Program Magang Jepang, Kompetensi Lulusan
Transisi dari sekolah ke dunia kerja menjadi tantangan utama bagi lulusan SMK, khususnya dalam hal kesiapan kompetensi. Program magang Jepang hadir sebagai alternatif strategis untuk menjembatani kebutuhan industri dan kemampuan lulusan. Melalui pelatihan intensif, pembinaan karakter, dan penguasaan bahasa, program ini diharapkan mampu meningkatkan kesiapan kerja lulusan secara lebih menyeluruh dan siap berdaya saing.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Manajemen Perencanaan Post School Transition Melalui Program Magang Jepang Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Balung Jember ? 2) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Post School Transition Melalui Program Magang Jepang Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Balung Jember ? 3) Bagaimana Evaluasi Manajemen Post School Transition Melalui Program Magang Jepang Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Balung Jember ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Manajemen Post School Transition Melalui Program Magang Jepang Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Balung Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Manajemen Post School Transition Melalui Program Magang Jepang Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Balung Jember 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Manajemen Post School Transition Melalui Program Magang Jepang Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Balung Jember.
Metode penelitian ini diawali menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data penelitian ini menerapkan analisis data menurut Miles Huberman dan saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1) Perencanaan program dilakukan secara sistematis melalui analisis kebutuhan siswa, penetapan tujuan, dan kerja sama strategis dengan LPK. Sekolah melalui BKK berperan aktif dalam memfasilitasi kesiapan siswa serta sosialisasi informasi magang secara menyeluruh. 2) Pelaksanaan program terdiri dari dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap penyaluran. Tahap persiapan mencakup pelatihan keterampilan dan bahasa Jepang, sedangkan tahap penyaluran difasilitasi BKK dengan bekerja sama dengan LPK. 3) Evaluasi berdasarkan model CIPP menunjukkan bahwa evaluasi context program magang Jepang merupakan strategi sekolah untuk menyiapkan lulusan agar bisa berdaya saing secara global ,kemudian evaluasi input Sekolah dan LPK menyiapkan program secara sistematis melalui seleksi ketat, pelatihan intensif, dan dukungan penuh terhadap peserta evaluasi proses berjalan dengan pemantauan rutin melalui laporan dari LPK, dan Evaluasi produk menunjukkan peningkatan kompetensi lulusan secara signifikan dalam aspek teknis, bahasa, dan sikap kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mem Ririn wahyuni
Date Deposited: 04 Jul 2025 16:19
Last Modified: 04 Jul 2025 16:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46877

Actions (login required)

View Item View Item