Ulandari, Rizka Ayu (2025) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di SMP Islam AL Hidayah Mangli Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI_RIZKA AYU ULANDARI_T20187073...pdf Download (2MB) |
Abstract
Rizka Ayu Ulandari, 2025: Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMP Islam Al Hidayah Mangli Jember
Kata Kunci: Gaya Belajar, Prestasi Belajar
Pendidikan ialah aspek yang sangat krusial pada keberlangsungan hidup masyarakat karena berperan dalam membantu mencetak generasi penerus bangsa. Prestasi belajar adalah suatu indikator dasar yang diterapkan dalam mengevaluasi sejauh mana seorang siswa berhasil dalam proses pendidikannya. Gaya belajar siswa masih menjadi faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi belajar, dimana sebagian besar siswa memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika di SMP Islam Al Hidayah mengatakan bahwa sejumlah siswa kerap terlambat dalam menyelesaikan tugas matematika dan menunjukkan rendahnya keinginan untuk mendalami materi yang lebih kompleks. Salah satu penyebab utama yang memengaruhi rendahnya prestasi belajar matematika ialah perbedaan gaya belajar. Sebagian siswa belum memahami gaya belajar yang paling sesuai untuk mereka.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui gaya belajar matematika siswa 2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa di SMP Islam Al Hidayah Mangli Jember 3) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif serta dikategorikan sebagai penelitian asosiatif kausal. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 38 sampel siswa kelas VII, VIII, dan IX di SMP Islam Al Hidayah Mangli Jember dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis uji chi kuadrat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dari pengisian angket gaya belajar siswa yang menyatakan bahwa terdapat 47.36% siswa mempunyai gaya belajar visual, 26% siswa mempunyai gaya belajar auditorial dan 26% siswa mempunyai gaya belajar Kinestetik. 2) Berdasarkan hasil dokumentasi prestasi belajar matematika siswa menyatakan bahwa terdapat 3 siswa (7.89%) memiliki nilai yang tinggi, 31 siswa (81.58%) memiliki nilai yang sedang, dan 4 siswa (10.53%) memiliki nilai yang rendah. Hal ini menunjukkan bahwa capaian prestasi belajar peserta didik berada pada kategori rendah, sedang dan tinggi. 3) Hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan prestasi belajar matematika siswa di SMP Islam Al Hidayah Mangli Jember. Maka, hipotesis nol diterima dan hipotesis alternatif ditolak. diketahui bahwa nilai chi-square hitung sebesar 5.550 dengan derajat kebebasan (df) sebanyak 4. Jika dibandingkan dengan nilai chi-square tabel pada taraf signifikansi 5% (0.05) yaitu sebesar 9.488 maka X hitung< X tabel. Selain itu, nilai signifikansi (Asymp. Sig.) sebesar 0,235 lebih besar dari 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Rizka Ayu Ulandari |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 16:24 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 16:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |