Khoirun Nuval, Muh (2025) Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di MTs Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2024/2025). Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
WATERMARK SKRIPSI MUH KHOIRUN NUVAL T20189037 digilib uin khas.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa kelas VII yang mengalami penurunan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Peneliti menemukan informasi bahwa perolehan hasil ulangan harian kelas VII, salah satu kelas mendapatkan nilai ulangan harian yang rendah. Jumlah siswa satu kelas berjumlah 25 dan hanya 7 siswa yang mendapatkan predikat lulus dari nilai 70 (KKM). Dari hasil tersebut, pencapaian hasil ulangan siswa tidak mencapai 50% yang mecapai nilai KKM sehingga terbilang cukup mengkhawatirkan. Salah satu alternatif yang direkomendasikan untuk menjadi solusi adalah dengen menggunakan metode bermain peran (role play) di dalam mata pelajaran IPS. Dengan menggunakan metode tersebut diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS di dalam kelas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Nahdlatul Arifin. Penelitian ini adalah penelitian Quasy Experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh seluruh kelas VII dengan rincian kelas VII A (26 siswa ) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B (26 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan soal. tes Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent Sampel T-Test. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskripstif.
Berdasarkan hasil uji-t melalui nilai Posttest memiliki nilai signifikansi 0,000 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa materi Kehidupan Masyarakat pada masa Hindu dan Buddha pada peserta didik kelas VII MTs Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu Jember.
Kata Kunci: Metode pembelajaran, Role Playing, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, Role Playing, Hasil Belajar. |
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160807 Sociological Methodology and Research Methods 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | S.Pd MUH KHOIRUN NUVAL |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:16 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |