Rohmat, Basuki (2025) Pengembagan media Pembelajaran big book untuk meningkatkan ketrampilan membaca pemahaman teks kelas II di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 01 Watukebo Ambulu Jember. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
Tesis FULL BASUKI - Watermak.pdf Download (21MB) |
Abstract
Basuki Rohmat, 2025. Pengembagan media Pembelajaran big book untuk meningkatkan ketrampilan
membaca pemahaman teks kelas II di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 01 Watukebo
Ambulu Jember, Thesis Pendidikan Bahasa Arab UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Pembimbing 1: Dr.Asep Maulana, M.Pd. Pembimbing 2: Dr. Mukhammad Miftakhul
Huda ,M.Pd.I
Kata Kunci: Ketrampilan Membaca Pemahaman teks , Media Big book
Media pembelajaran merupakan salah satu elemen yang berperan penting dalam proses
pendidikan. Media pembelajaran juga menjadi sumber pembelajaran yang dapat membantu guru
memperkaya wawasan siswa dan menggairahkan serta mencondongkan siswa. Dalam proses
pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks Bahasa arab di Madrasah Ibtida’iyah
Muhammadiyah 01 Watukebo Ambulu Jember guru tidak menggunakan media pembelajaran ketika
proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran pengajaran sering tidak tercapai. Untuk itu,
peneliti mengembangkan cara mengajar dengan menggunakan big book sebagai solusi dalam
membantu mengajarkan keterampilan membaca pemahaman teks.
Ada 3 pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini : 1. Bagaimana pengembangan media Big Book
dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks berbahasa Arab pada siswa kelas II
di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 01 Watukebo Ambulu Jember. 2. Seberapa efektifkah
pengembangan media Big Book dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks
berbahasa Arab, pada siswa kelas II di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 01 Watukebo Ambulu
Jember. 3. Seberapa efektifkah pengembangan media Big Book dalam meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman teks, pada siswa kelas II di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 01
Watukebo Ambulu Jember.
Penelitian ini bertujuan: 1) Menghasilkan media Big book dalam meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman teks berbahasa Arab kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01
Watukebo Ambulu Jember. 2) Mengetahui validitas dan efektivitas media Big book dalam
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks berbahasa Arab kelas II di Madrasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Watukebo Ambulu Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan menggunakan model ADDIE. Model ini memiliki 5 tahapan: yaitu analisis kebutuhan, desain
produk, pengembangan produk, penerapan produk dan evaluasi produk. pengembangan produk ini
melalui beberapa tahapan diantaranya analisis kebutuhan, wawancara dan tahapan desain
Penyelesaian produk ini didesain menggunkan aplikasi Ibis Paint X yang kemudian dicetak di kertas
tebal ukuran A3 2)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1. tingkat kelayakan produk menunjukkan bahwa
produk layak untuk digunakan setelah mendapatkan nilai validasi media sebesar 93% dengan kategori
“sangat valid” dan validasi materi , 94% dengan kategori “sangat valid” . 2. Adapun untuk hasil tes
diperoleh nilai rerata tuntas pretest 26% dan rerata tuntas posttest 84%. 3. Berdasarkan perhitungan
yang dilakukan dengan menggunakan SPSS, hasil 2-tailed yang diperoleh setelah membandingkan
total hasil pre-test dan post-test adalah 0,000, yang lebih kecil dari nilai H yang dapat diterima yaitu
0,5. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan posttest, yang menjadikan penggunaan metode Big Book efektif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Basuki Rohmat |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:52 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |