TAUBAH, MIFTACHUL (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS YUDHARTA. Doctoral thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Disertasi Final - Miftachul Taubah.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya intoleransi dan radikalisme
di Indonesia yang berdampak pada dunia pendidikan, termasuk munculnya stigma
negatif terhadap Bahasa Arab yang kerap dikaitkan dengan paham ekstrem.
Padahal, Bahasa Arab merupakan bahasa resmi PBB dan di Indonesia ditegaskan
melalui KMA No. 183 Tahun 2019 sebagai instrumen pendidikan berlandaskan
nilai budaya, agama, dan kebangsaan. Oleh karena itu, pembelajaran Bahasa Arab
di perguruan tinggi perlu mendukung internalisasi nilai multikultural sesuai UUD
1945 dan UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Universitas Yudharta Pasuruan,
sebagai kampus pesantren yang pluralistik, dipilih karena keragaman latar
belakang mahasiswanya, sehingga relevan untuk mengkaji model pembelajaran
Bahasa Arab yang toleran, inklusif, dan kontekstual.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) konsep internalisasi
nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Yudharta
Pasuruan; 2) implementasi internalisasi nilai-nilai tersebut dalam proses
pembelajaran; dan 3) wujud nilai-nilai multikultural yang tercermin dalam praktik
pengajaran Bahasa Arab di kampus tersebut.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus.
Teknik pengumpulan data meliputi wawancara semi-terstruktur dengan kepala
pusat religius pluralistik, dosen dan mahasiswa, observasi partisipatif moderat
dalam proses pembelajaran, serta dokumentasi kebijakan dan perangkat
pembelajaran terkait. Analisis data dilakukan melalui tahapan kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data diperkuat
dengan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai multikultural
dalam pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Yudharta Pasuruan mencakup
tiga aspek utama: konsep, implementasi, dan refleksi nilai. (1) Aspek konseptual
didukung oleh kebijakan kampus yang pluralistik, integrasi nilai dalam kurikulum
Prodi PBA, dan kultur pesantren yang menjunjung tinggi toleransi. (2)
Implementasi diwujudkan melalui metode pembelajaran aktif dan penugasan
berbasis nilai multikultural, serta kegiatan lapangan ke komunitas multikultural.
(3) Refleksi nilai tercermin dalam sikap toleransi, kesetaraan, kebersamaan, dan
keterbukaan budaya mahasiswa dalam proses belajar. Penelitian ini
memperkenalkan sebuah model baru yang disebut Model Ekosistem Pembelajaran
Multikultural, yang mengkonseptualisasikan internalisasi nilai sebagai proses
yang berlangsung secara simultan dan sinergis melalui empat dimensi utama:
struktural, pedagogis, kultural, dan pengalaman.
Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Multikultural, Pembelajaran Bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Depositing User: | Miftachul Taubah |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:04 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |