Haikal, Muhammad Aththur (2025) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), CELEBRITY ENDORSER, DAN HALAL AWARENESS TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIK MELALUI E-COMMERCE DI KALANGAN GENERASI Z. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Muhammad Aththur Haikal Nim. 212105020079 (1).pdf Download (4MB) |
Abstract
Muhammad Aththur Haikal, Denari Dhahana Edtiyarsih, 2025 : “Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM), Celebrity Endorser, dan Halal Awareness terhadap Minat Beli Produk Kosmetik melalui E-Commerce di Kalangan Generasi Z”
Kata Kunci : E-WOM, Celebrity Endorser, Halal Awareness dan Minat Beli
Perkembangan teknologi digital membawa perubahan besar dalam dunia pemasaran, khususnya melalui platform e-commerce. Dalam proses pembelian produk kosmetik melalui e-commerce, faktor ulasan konsumen (electronic word of mouth), dukungan celebrity endorser, serta kesadaran terhadap kehalalan produk (halal awareness) menjadi aspek penting yang memengaruhi minat beli.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah Electronic Word of Mouth berpengaruh terhadap minat beli produk kosmetik melalui e-commerce di kalangan Generasi Z? 2) Apakah Celebrity Endorser berpengaruh terhadap minat beli produk kosmetik melalui e-commerce di kalangan Generasi Z? 3) Apakah Halal Awareness berpengaruh terhadap minat beli produk kosmetik melalui e-commerce di kalangan Generasi Z? 4) Apakah Electronic Word of Mouth, Celebrity Endorser, dan Halal Awareness berpengaruh secara simultan terhadap minat beli produk kosmetik melalui e-commerce di kalangan Generasi Z?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap minat beli produk kosmetik melalui e-commerce di kalangan Generasi Z. 2) Untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser terhadap minat beli produk kosmetik melalui e-commerce di kalangan Generasi Z. 3) Untuk mengetahui pengaruh Halal Awareness terhadap minat beli produk kosmetik melalui e-commerce di kalangan Generasi Z. 4) Untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth, Celebrity Endorser, dan Halal Awareness secara simultan terhadap minat beli produk kosmetik melalui e-commerce di kalangan Generasi Z.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kusioner menggunakan skala Likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Analisis data meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis, serta analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli produk kosmetik. 2) Celebrity Endorser berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli produk kosmetik. 3) Halal Awareness berpengaruh positif namun tidak signifikan secara parsial terhadap minat beli produk kosmetik. 4) Electronic Word of Mouth, Celebrity Endorser, dan Halal Awareness berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat beli produk kosmetik melalui e-commerce di kalangan Generasi Z.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Muhammad Aththur |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 04:31 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 04:31 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
