Implementasi Reformasi Pendidikan Berbasis ISO : Efektivitas ISO 21001:2018 dalam Peningkatan Layanan Perguruan Tinggi Islam Negeri

Alifana, Fairus Tahta and Fauzi, Imron (2025) Implementasi Reformasi Pendidikan Berbasis ISO : Efektivitas ISO 21001:2018 dalam Peningkatan Layanan Perguruan Tinggi Islam Negeri. Implementing ISO-Based Educational Reform: ISO 21001:2018 Effectiveness in Enhancing State Islamic University Services, 9 (3). pp. 723-735. ISSN https://portal.issn.org/resource/ISSN/2549-5720

[img] Text
Fairus Tahta Alifana_221101030066.pdf

Download (8MB)
Official URL: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v9i3.11286

Abstract

Menjamin layanan pendidikan yang berkualitas tinggi merupakan tantangan yang terus berkembang bagi Universitas Islam Negeri (UIN) di Indonesia, terutama dalam upaya mengharmonisasikan nilai-nilai pendidikan Islam dengan standar internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas implementasi ISO 21001:2018 dalam meningkatkan kualitas layanan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Data diperoleh dari 25 informan yang dipilih secara purposif, terdiri dari staf penjamin mutu, dosen, dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ISO 21001:2018 secara signifikan meningkatkan akreditasi institusi melalui standarisasi proses manajemen mutu serta penguatan sumber daya manusia dan infrastruktur. Proses sertifikasi meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan dan memperkuat penjaminan mutu akademik melalui evaluasi rutin dan audit yang transparan. Integrasi ISO 21001:2018 juga mendorong terciptanya lingkungan partisipatif dan perbaikan berkelanjutan dalam pelayanan pendidikan. Studi ini menekankan pentingnya adaptasi standar internasional ke dalam konteks pendidikan dan nilai-nilai keagamaan lokal. Struktur ISO 21001:2018 dapat menjadi model strategis bagi tata kelola mutu di perguruan tinggi Islam lainnya.
Kata Kunci: ISO 21001:2018, Kualitas Layanan, Jaminan Mutu Akademik, Standar Internasional

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fairus Tahta
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:39
Last Modified: 02 Dec 2025 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49458

Actions (login required)

View Item View Item