Istianah, Saadatul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KANTONG PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOSARI 03 SUKOWONO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN kiai haji Achmad siddiq jember.
|
Text
CICI BAB 1-5 sudah revisi (1).pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Saadatul Istianah, 2025 : Pengembangan Media Kantong Perkalian Mata Pelajaran Matematika Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Sukosari 03 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Kantong Perkalian, Matematika, Perkalian
Matematika adalah mata pelajaran penting dalam pendidikan dasar, namun banyak siswa mengalami kesulitan memahami konsep matematika, terutama perkalian. Kesulitan ini disebabkan oleh metode pembelajaran kurang efektif, kurang sumber daya, dan kurang motivasi siswa. Oleh karena itu, perlu dikembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik.
Dalam pengembangan media pembelajaran Kantong Perkalian ini memiliki beberapa rumusan masalah yang terdiri dari : (1) Bagaimana desain pengembangan media Kantong Perkalian Mata Pelajaran Matematika Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Sukosari 03 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. (2) Bagaimana kelayakan pengembangan media kantong perkalian mata pelajaran matematika kelas III di Sekolah Dasar Negeri Sukosari 03 Sukowono Jember tahun pelajaran 2024/2025.
Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk menghasilkan desain pengembangan media kantong perkalian mata pelajaran matematika kelas III di Sekolah Dasar Negeri Sukosari 03 Sukowono Jember tahun pelajaran 2024/2025. (2) Untuk mengetahui kelayakan media kantong perkalian mata pelajaran matematika kelas III di Sekolah Dasar Negeri Sukosari 03 Sukowono Jember tahun pelajaran 2024/2025.
Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data dianalisis untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran kantong perkalian dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kantong perkalian yang dikembangkan efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian. Siswa juga menunjukkan motivasi dan minat yang tinggi dalam belajar matematika dengan menggunakan metode pembelajaran kantong perkalian.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Ms Saadatul Istianah |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 07:44 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 07:44 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
