Salsabilla, Essa Virda (2022) Penanaman Nilai Sosial dalam Membentuk Karakter Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Essa Virda Salsabilla_T20171296.pdf Download (3MB) |
Abstract
Essa Virda Salsabilla, 2021. Penanaman Nilai Sosial dalam Membentuk Karakter Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Kata Kunci : Penanaman, Nilai Sosial, Karakter Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kewajiban manusia yang tidak hanya menjaga hubungan baik dengan Allah atau Hablum Minallah. Melainkan kita juga harus menjaga hubungan baik dengan manusia. Atau yang biasa disebut Hablum Minannas. Fakta di lapangan, saat ini berubahnya perilaku siswa yang kurang bersosialisasi akibat dampak buruk alat teknologi komunikasi atau smartphone yang menjadikan siswa menjadi bersikap individualis, perilaku siswa yang menolong hanya pada siswa yang kenal saja. Sedangkan kepala sekolah ingin mencetak siswa yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Karna sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat dan kinerja dari guru sudah berusaha mendidik peserta didik agar memiliki nilai-nilai sosial dan menjadi siswa yang mampu mentaati semua peraturan yang ada di sekolah. Fokus penelitian yang diteliti diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penanaman nilai kasih sayang dalam membentuk karater siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 2) Bagaimana penanaman nilai tanggung jawab dalam membentuk karater siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 3) Bagaimana penanaman nilai keserasian hidup dalam membentuk karater siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan penanaman nilai kasih sayang dalam membentuk karakter pada siswa Madrasah Negeri 1 Jember 2) mendeskripsikan penanaman nilai tanggung jawab dalam membentuk karakter pada siswa Madrasah Negeri 1 Jember 3) mendeskripsikan penanaman nilai keserasian hidup dalam membentuk karakter pada siswa Madrasah Negeri 1 Jember Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara tak berstuktur, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Penanaman nilai kasih sayang dalam membentuk karater siswa dengan dilaksanakannya program jumat beramal dan galang dana. Dengan program seperti itu dapat menumbuhkan sikap tolong menolong, gotong royong dan rasa kekeluargaan siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Sehingga dalam hal ini karater siswa yang terbentuk ialah religius, peduli sosial, disiplin dan toleransi. 2) Penanaman nilai tanggung jawab dalam membentuk karakter siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember dengan cara membiasakan siswa untuk bersikap amanah, fathonah, shidiq dan tabligh. Dengan cara pengajaran dan pembiasaan tersebut, di dalam diri siswa tertanam untuk bersikap empati, saling memiliki dan disiplin. Sehingga dalam hal ini karakter siswa yang terbentuk ialah jujur, kerja keras, disiplin dan religius 3) Penanaman nilai keserasian hidup dalam membentuk karakter siswa Madrasah Aliyah Negeri ix 1 Jember dengan cara membiasakan siswa untuk 5S (Senyum, salam, sapa sopan, santun). Hal ini dapat tertanam dalam diri siswa untuk bersikap adil, kerjasama dan toleransi. Sehingga dalam hal ini karakter siswa yang terbentuk adalah toleransi dan komunikatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Essa Virda Salsabilla |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 03:06 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 03:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5039 |
Actions (login required)
View Item |