Konversi Administrasi Konvensional Menuju Sistem Digital Pada Taman Pendidikan Al-Qur'an Darussalam Jember

Liew, Julian (2025) Konversi Administrasi Konvensional Menuju Sistem Digital Pada Taman Pendidikan Al-Qur'an Darussalam Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Julian Liew_221101030070'.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Administrasi Konvensional, Sistem Digital, TPQ Darussalam Jember.

Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan dalam pengelolaan administrasi lembaga pendidikan, termasuk lembaga pendidikan Islam nonformal. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Darussalam Jember selama ini masih menggunakan sistem administrasi konvensional melalui pencatatan manual, yang dalam pelaksanaannya sering menimbulkan kendala, seperti proses administrasi yang memakan waktu, kesulitan dalam pencarian data, serta risiko kerusakan dan kehilangan arsip. Kondisi ini semakin dirasakan ketika terjadi banjir yang menyebabkan sebagian dokumen administrasi tidak dapat digunakan kembali.
Proyek ini bertujuan untuk mengalihkan sistem administrasi konvensional ke dalam bentuk sistem administrasi digital berbasis web di TPQ Darussalam Jember. Metode pengerjaan meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian menggunakan metode Blackbox Testing. Sistem yang dikembangkan mencakup pengelolaan data santri, absensi santri dan guru, penilaian santri, serta penyimpanan data berbasis cloud yang dapat diakses secara langsung.
Hasil penerapan sistem menunjukkan bahwa pengelolaan administrasi di TPQ Darussalam Jember menjadi lebih tertata, khususnya dalam pendataan santri, pencatatan kehadiran, dan penilaian santri. Proses pencatatan dan pencarian data dapat dilakukan dengan lebih cepat, sementara risiko kehilangan arsip dapat diminimalkan. Berdasarkan hasil pengujian, seluruh fitur utama sistem berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan demikian, penerapan sistem administrasi digital ini menjadi solusi yang relevan dan mudah diterapkan dalam mendukung pengelolaan administrasi yang lebih efektif, aman, dan berkelanjutan di TPQ Darussalam Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Julian Liew
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:36
Last Modified: 22 Dec 2025 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50446

Actions (login required)

View Item View Item