Hasanah, Fadilatul (2025) Strategi Pemasaran Tabungan Sidik Fathonah Dalam Meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK)(Metode Analisis SWOT) KSPPS BMT NU Cabang Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
|
Text
Fadilatul Hasanah watermak.pdf Download (3MB) |
Abstract
Fadilatul Hasanah, Aminatus Zahriyah, S.E, M.Si. 2025: Strategi Pemasaran Tabungan Sidik Fathonah Dalam Meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK)(Metode Analisis SWOT) KSPPS BMT NU Cabang Kalisat Jember
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Dana Pihak Ketiga (DPK)
Strategi pemasaran adalah serangkaian keputusan atau tindakan yang disusun perusahaan untuk mencapai hasil pemasaran secara optimal. Hal ini mencakup pemilihan pasar sasaran, penetapan harga, distribusi, dan promosi. Sebelum menetapkan strategi, perusahaan harus memahami kondisi dan posisi pasar agar kegiatan pemasaran yang dilakukan tepat sasaran. Secara keseluruhan, strategi pemasaran merupakan cara atau pola pikir pemasar dalam menarik, memuaskan, dan mempertahankan pelanggan guna mencapai tujuan bisnis.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi analisis SWOT(strength, weaknesses, opportunities, threats) pada produk tabungan Sidiq Fathonah dalam meningkatkan jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) di KSPPS BMT NU Cabang Kalisat Jember? (2) Bagaimana penerapan analisis SWOT pada matriks IFAS dan EFAS dalam memberikan gambaran posisi srategis KSPPS BMT NU Cabang Kalisat Jember dalam meningkatkan jumlah Dana Pihak Keitiga (DPK) melalui produk Tabungan Sidik Fathonah?
Tujuan pada penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi analisisn SWOT (strength, weaknesses, opportunities, threats) pada produk tabungan Sidiq Fathonah dalam meningkatkan jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) di KSPPS BMT NU Cabang Kalisat Jember (2) untuk mengetahui penerapan analisis SWOT pada matriks IFAS dan EFAS dalam memberikan gambaran posisi srategis KSPPS BMT NU Cabang Kalisat Jember dalam meningkatkan jumlah Dana Pihak Keitiga (DPK) melalui produk Tabungan Sidik Fathonah.
Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan menggunakan jenis field research atau penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data : Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan pada penilitian ini : Strategi pemasaran Tabungan Sidiq Fathonah di KSPPS BMT NU Cabang Kalisat Jember dinilai cukup baik karena didukung produk unggul, pelayanan memuaskan, reputasi positif, promosi efektif, dan lokasi strategis. Namun, masih terdapat kelemahan seperti kurangnya digitalisasi, keterbatasan modal, minimnya inovasi, serta aturan pengambilan dana tahun ajaran baru. Peluang yang dapat dimanfaatkan meliputi kerja sama lembaga, potensi masyarakat muslim, perkembangan teknologi, dan kondisi inflasi. Meski demikian, KSPPS BMT NU Cabang Kalisat Jember tetap menghadapi ancaman berupa persaingan ketat, tingkat pendapatan dan pendidikan masyarakat yang rendah, serta regulasi pemerintah yang berpotensi menghambat peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
| Depositing User: | Fadilatul Hasanah |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 06:36 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 06:36 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
