Implementasi Service Excellent Dalam Layanan Pick Up Tabungan Pada BMT NU Cabang Bluto Kabupaten Sumenep Madura

Abdul, Gafur (2022) Implementasi Service Excellent Dalam Layanan Pick Up Tabungan Pada BMT NU Cabang Bluto Kabupaten Sumenep Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Gafur_E20171127.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abdul Gafur, Nur Hidayat, SE., MM (2022): “Implementasi Service Excellent Dalam Layanan Pickup Tabungan Pada BMT NU Cabang Bluto Kabupaten Sumenep Madura”.

Pelayanan prima atau service excellent dicirikan sebagai jenis pendekatan yang ditandai dengan benar-benar berfokus pada nasabah, upaya untuk memberikan tindakan terbaik dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dengan berfokus pada prinsip-prinsip pelayanan tertentu.
Pencapaian service excellent dapat ditunjukkan dengan adanya kepuasan nasabah. Tingkat kepuasan konsumen berkaitan dengan implementasi service excellent yang diberikan oleh
BMT kepada klien.

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu bagaimana
implementasi service excellent dalam layanan pickup tabungan pada BMT NU cabang Bluto kabupaten Sumenep Madura.

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi service excellent yang sudah dilakukan oleh petugas pickup tabungan BMT NU cabang Bluto kabupaten Sumenep Madura.

Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study).Penentuan subjek menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data menggunakan pengamatan (observasi),wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data triangulasi teknik.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi service excellent yang diterapkan oleh bagian tabungan BMT NU cabang Bluto sudah sesuai dengan standar terapan service excellent yaitu menggunakan Konsep A6 Service Excellent: sikap (attitude), perhatian (attention), tindakan (action), kemampuan (ability), penampilan (apperarance) dan tanggung jawab (accountability).

Kata Kunci : Implementasi;Service Excellent;Pickup Tabungan; BMT NU

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Abdul Gafur
Date Deposited: 15 Apr 2022 06:11
Last Modified: 15 Apr 2022 06:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5438

Actions (login required)

View Item View Item