ISNAINIYAH, 084121284 (2016) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBANGUN ETIKA BERBAHASA SOPAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH-SYAFI’IYAH MUMBULSARI JEMBER. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
1. COVER luar.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I ok (Autosaved).pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II okee.pdf Download (845kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB III ok.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB IV.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
16.BAB V ok.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
17.DAFTAR PUSTAKA ok.pdf Download (579kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Isnainiyah, 2016: Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Membangun Etika Berbahasa Sopan Siswa
Di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah-Syafi’iyah Mumbulsari Jember.
Pendidikan dapat menjadi tolak ukur bagi kemajuan dan kualitas kehidupan suatu bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa kemajuan suatu bangsa atau Negara dapat dicapai dengan salah satunya melalui pembaharuan serta penataan pendidikan yang baik. Orang tua membawa putra- putrinya ke lembaga pendidikan (Madrasah) dengan sebuah keyakinan bahwa dalam diri anak terdapat potensi kebaikan dan keburukan yang keduanya dapat tumbuh serta saling mendominir.
Manusia lahir dengan fitrah (bakat bawaan) yang dimiliki sejak lahir, yang akan dipengaruhi oleh interaksi manusia tersebut dalam kehidupannya. Kenyataan ini memberi peluang bagi usaha pendidik untuk memberi andilnya dalam usaha membentuk kepribadian.
Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam membangun etika berbahasa sopan siswa di Madrasah
Tsanawiyah Salafiyah-Syafi’ iyah Mumbulsari Jember. 2) Bagaimanakah peran guru aqidah akhlak sebagai pengajar dalam membangun etika berbahasa sopan siswa di Madrasah
Tsanawiyah Salafiyah-Syafi’ iyah Mumbulsari Jember.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak dalam membangun etika berbahasa sopan siswa di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah-Syafi’ iyah Mumbulsari Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang mengumpulkan data yang dilakukan di lapangan untuk memahami fenomenafenomena
sosial. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) peran guru aqidah akhlak sebagai pendidiK dalam membangun etika berbahasa sopan siswa di MTs. Salafiyah-Syafi’iyah yaitu upaya
pengembangan para peserta didik melalui beberapa langkah (a) keteladanan, (b) penciptaan lingkungan pendidikan yang kondusif, (c) membimbing, (d) memberi nasehat, dan (e) melatih peserta didik. 2) peran guru aqidah akhlak sebagai pengajar dalam membangun etika berbahasa sopan siswa di MTs. Salafiyah-Syafi’iyah yaitu peran guru aqidah akhlak sebagai pengajar memiliki kompetensi diantaranya (a) Penguasaan materi, (b) pengelolaan kelas, (c) penerapan metodologi pengajaran, dan (d) menilai kegiatan belajar-mengajar.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AQIDAH AKHLAK, ETIKA BERBAHASA SOPAN |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 02:13 |
Last Modified: | 18 Sep 2017 02:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/55 |
Actions (login required)
View Item |