MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HUDA PENGARANG JAMBESARI DARUS SHOLAH

Sulalah, Anis (2022) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HUDA PENGARANG JAMBESARI DARUS SHOLAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Siddiq Jember.

[img] Text
Anis Sulalah_T20183016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar. Prestasi Belajar Merupakan hal yang penting karena produk sekolah yang paling sering dan umum menjadi sorotan yakni prestasi yang didapatkan siswa baik di bidang akademik maupun non akademik. Oleh karena itu manajemen strategi harus dilaksanakan dengan baik dari Formulasi, Implementasi Dan Evaluasi oleh kepala sekolah agar dapat mengupayakan peningkatan prestasi siswa.
Fokus dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana formulasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Pengarang Jambesari Darus sholah? 2) Bagaimana Implementasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Pengarang Jambesari Darus sholah? 3) Bagaimana evaluasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di madrasah Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Pengarang Jambesari Darus sholah? Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan strategi yang berupa formulasi, implementasi dan evaluasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Pengarang Jambesari Darus sholah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan naratif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dilakukan dari tahap kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Fomulasi strategi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa ialah dilakukan dengan merumuskan visi, misi dan tujuan sekolah, serta juga melakukan identifikasi analisis SWOT (Strength,Weaknesses, Opportunities,Threats) yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan, kekuatan, peluang serta ancaman. 2) Implementasi strategi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dilaksanakan dengan mengannalisis pilihan strategi serta dilakukan pelaksanaan program kegiatan yang dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. 3) Evaluasi Strategi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dilaksanakan dengan analisis dan evaluasi kinerja dan juga pelaporan beserta seluruh pendidik untuk membahas terkait masalah serta kendala-kendala yang terjadi serta perkembangan peserta didik baik dari tahap formulasi sampai tahap evaluasi agar lebih mempermudah pendidik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan strategi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci : Manajemen Strategi, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mis Anis Sulalah
Date Deposited: 24 May 2022 00:25
Last Modified: 24 May 2022 00:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6609

Actions (login required)

View Item View Item