Strategi Pemasaran Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember

Zawawi, M. Ilmil (2022) Strategi Pemasaran Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
SKRIPSI ZAWA REVISI fix (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

M. Ilmil Zawawi, 2022: Strategi Pemasaran Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Madrasah Ibtidaiyah.

Persaingan dalam dunia pendidikan tidak terelakkan lagi. Banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan oleh pengguna jasa, karena tidak bisa mengikuti perkembangan dan perubahan yang semakin maju. Oleh karena itu, strategi pemasaran mutlak diperlukan untuk memenangkan persaingan antar madrasah. Tingkat persaingan menuntut setiap lembaga untuk mampu melaksanakan kegiatan strategi yang efektif dan efisien. Serta dapat memenuhi kepuasan pengguna jasa pendidikan, dalam hal ini masyarakat. Kegiatan pemasaran tersebut membutuhkan sebuah konsep yang sesuai dengan kepentingan, kebutuhan, dan keinginan pengguna jasa.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana positioning Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember? 2) Bagaimana diferensiasi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember? 3) Bagaimana brand Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan strategi pemasaran yang berupa positioning di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember. 2) mengetahui diferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember. 3) mengetahui brand di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif pasif, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analis datanya dilakukan dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Positioning Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember dalam menguasai benak pengguna jasa pendidikan melalui penawaran program unggulan yaitu, Gelem, Gemes, dan Gefa serta Tahfidz; 2) Diferensiasi yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember bekerjasama dengan beberapa elemen yang meliputi bidang kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan. 3) Brand Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balung Jember memiliki logo yang mudah diingat dan dikenal dengan sebutan madrasah yang berbasis NU serta kebanyakan siswanya merupakan putra-putri dari alumni itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Depositing User: M. Ilmil Zawawi
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:35
Last Modified: 28 Jun 2022 01:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7824

Actions (login required)

View Item View Item