NURUL HIDAYATILLAH, 084121233 (2016) RELEVANSI PEMIKIRAN RADEN AJENG KARTINI DAN RAHMA EL YUNUSIAH TENTANG PENDIDIKAN ISLAM BAGI PEREMPUAN DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
1 HAL JUDUL.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
7. abstrak.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
8. daftar isi.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB III.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB V.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR PSTAKA.pdf Download (390kB) | Preview |
Abstract
Nurul Hidayatillah, 2016, Relevansi Pemikiran Raden Ajeng Kartini dan Rahma El Yunusiah
tentang Pendidikan Islam Bagi Perempuan Dengan Pendidikan Islam Di Indonesia.
Pendidikan merupakan proses yang terus menerus tidak berhenti. Pendidikan Islam
bagi perempuan sangatlah penting, karena perempuan yang akan mendidik generasi penerus
bangsa dan pendidikan merupakan hak asasi manusia. Perempuan dalam Islam memiliki
posisi dan martabat yang tinggi. Namun melihat kasus kekerasan seksual terhadap perempuan
yang marak terjadi akhir-akhir ini sangatlah miris dan memprihatinkan.
Raden Ajeng Kartini dan Rahma El Yunusiah adalah pejuang perempuan dua generasi
yang telah banyak menginspirasi dan berperan dalam memperjuangkan pendidikan Islam bagi
prempuan. Maka dari itu penulis ingin mengkaji pemikiran beliau dilihat dari sudut pandang
pendidikan Islam bagi perempuan. Dengan rumusan masalah: bagaimana pemikiran Raden
Ajeng Kartini dan Rahma El Yunusiah tentang pendidikan Islam bagi perempuan di
Indonesia? bagaimana relevansi pemikiran Raden Ajeng Kartini dan Rahma El Yunusiah
tentang pendidikan Islam bagi perempuan dengan pendidikan Islam saat ini? tujuan penelitian
ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan relevansi pemikiran Raden Ajeng Kartini dan
Rahma El Yunusiah tentang pendidikan Islam bagi perempuan dengan pendidikan Islam di
Indonesia.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan Library research, dengan metode
Content Analysis. Sumber data: Kartini Nyantri, Emansipasi, Ulama Perempuan Indonesia,
Pendidikan Perempuan dan buku pendidikan Islam bagi perempuan. Teknik pengumpulan
data: dokumentasi. Validitas data: triangulasi sumber.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam bagi perempuan
menurut Kartini dan Rahma adalah pendidikan aqidah dan pendidikan akhlak. Pemikiran
beliau berdua juga memiliki relevansi dengan pendidikan Islam saat ini, diantaranya insan
kamil sebagai tujuan pendidikannya, asas kesetaraan sebagai konsep dasarnya dan pendidikan
yang berkeadilan tanpa diskriminasi yang memiliki relevansi dengan sistem pendidikan
nasional saat ini. Mereka memiliki perbedaan pada latar belakang keluarga, daerah asal dan
nunsa pendidikan, namun mereka memiliki cita-cita yang sama yakni pendidikan yang layak
bagi perempuan. Hal ini menjelaskan bahwa pemikiran beliau tentang pendidikan Islam bagi
perempuan tidaklah habis tergerus oleh zaman dan masih kita terapkan hingga saat ini
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMIKIRAN RADEN AJENG KARTINI DAN RAHMA EL YUNUSIAH |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 01:56 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 01:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/84 |
Actions (login required)
View Item |