INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP PLUS RAUDLATUT THOLABAH JENGGAWAH-JEMBER

Nurul, Lailiyatis (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP PLUS RAUDLATUT THOLABAH JENGGAWAH-JEMBER. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
NURUL LAILIYATIS SA'ADAH WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurul Lailiyatis Sa’adah, 2022, Internalisasi nilai-nilai pendidikan islam melalui kegiatan keagamaan Di sekolah menengah pertama plus Raudlatut tholabah jenggawah jember Tahun pelajaran 2021/2022 . Pembimbing I Dr. Dyah Nawangsari, M.Ag, Pembimbing II
Dr. H. Sukarno, M. Si

Kata Kunci : Internalisasi, nilai-nilai pendidikan Islam, kegiatan keagamaan.

Islam memandang pendidikan merupakan suatu sistem integral yang melibatkan seluruh aspek kehidupan manusia. Dan tujuan dari pendidikan Islam yaitu ketundukan yang sempurna dihadapan Allah swt baik secara pribadi, kelompok maupun keseluruhan. Pendidikan agama bertujuan untuk berkembangnya kemampuan anak bangsa dalam memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama melalui kegiatan keagamaan yang dilaksanakan untuk mendorong seseorang bertingkah laku sesuai dengan norma-norma agama yang berlaku dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Proses internalisasi nilai ajaran Islam menjadi sangat penting bagi peserta didik untuk mentaati ajaran dan nilai agama dalam kehidupannya sehingga tujuannya dapat tercapai dengan baik.
Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana internalisasi nilai ilahiyyah melalui kegiatan keagamaan di SMP Plus Raudlatut Tholabah Jenggawah Jember? (2) Bagaimana internalisasi nilai insaniyyah melalui kegiatan keagamaan di SMP Plus Raudlatut Tholabah Jenggawah Jember ?
Selaras dengan fokus penelitian diatas, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai ilahiyyah melalui kegiatan keagamaan di SMP Plus Raudlatut Tholabah Jenggawah Jember (2) Untuk mendeskripsikan nilai insaniyyah melalui kegiatan keagamaan di SMP Plus Raudlatut Tholabah Jenggawah Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis fenomenologi. Objek penelitiannya kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik. Kegiatan penelitian atau kajian ilmiah perlu dihadapkan kepada permasalahan yang berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai. Untuk itu pada bagian ini akan diuraikan tentang pendekatan dan jenis penelitian, pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya analisis data menggunakan Matthew B and Milles. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah, 1) internalisasi nilai ilahiyah melalui kegiatan keagamaan yaitu dengan memberikan pemahaman terhadap siswa tentang kegiatan sholat duha, ngaji bersama dan sholat duhur berjamaah dengan tujuan siswa terbiasa melakukan ibadah ilahiyah baik di sekolah maupun di luar sekola. 2) internalisasi nilai insaniyah melalui nilai keagamaan sholat duha bersama, ngaji bersama, dan sholat duhur berjamaah, dengan tujuan jika ibadahnya siswa baik selalu di jaga maka siswa tersebut akan memiliki kepribadian yang baik juga seperti, jujur, disiplin, menjaga kebersihan dan suka membatu baik di sekolah maupun di pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Ny Nurul Lailiyatis
Date Deposited: 06 Jul 2022 01:45
Last Modified: 06 Jul 2022 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8595

Actions (login required)

View Item View Item