Maharani Conilie, - (2021) Pengembangan eXeLearning sebagai Bahan Ajar Biologi Berbasis Android Terintegrasi I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) pada Materi Bakteri untuk Siswa Kelas X di MAN Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.
Text
Maharani Conilie_T20168032.pdf Download (29MB) |
Abstract
Maharani Conilie, 2021: Pengembangan eXeLearning sebagai Bahan Ajar Biologi Berbasis Android Terintegrasi I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) pada Materi Bakteri untuk Siswa Kelas X di MAN Bondowoso. Kata Kunci: bahan ajar, eXeLearning, I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society), bakteri. Pembelajaran dalam jaringan (daring) menjadi solusi selama pandemi COVID-19, namun dalam pelaksanaannya memiliki berbagai problematika tersendiri bagi guru, siswa, maupun sekolah. Adapun kendala-kendala yang dihadapi siswa kelas X MIPA di MAN Bondowoso selama pembelajaran daring utamanya antara lain jaringan internet, kuota internet, bahan ajar, dan inovasi dalam isi maupun penyajian materi pembelajaran. Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut peneliti mengupayakan solusi dengan mengembangkan suatu produk berupa eXeLearning sebagai bahan ajar biologi yang dapat diakses melalui Android serta diintegrasikan dengan I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) pada materi bakteri. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan eXeLearning sebagai bahan ajar biologi berbasis Android terintegrasi I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) pada materi bakteri untuk siswa kelas X di MAN Bondowoso 2) Mendeskripsikan kevalidan eXeLearning sebagai bahan ajar biologi berbasis Android terintegrasi I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) pada materi bakteri untuk siswa kelas X di MAN Bondowoso. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), tetapi dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Development karena adanya keterbatasan waktu dalam penelitian. Adapun validasi yang digunakan meliputi validasi materi oleh 2 validator ahli materi pembelajaran, validasi media oleh 2 validator ahli media pembelajaran, dan 1 ahli praktikalitas oleh guru biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan bahan ajar melalui tahapan ADDIE dibatasi sampai tahapan ketiga. Proses pengembangan bahan ajar menggunakan eXeLearning menghasilkan bahan ajar biologi berbasis Android terintegrasi I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) pada materi bakteri untuk siswa kelas X di MAN Bondowoso, dan 2.) Kevalidan bahan ajar biologi berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi I diperoleh presentase sebesar 94 % dengan kriteria sangat valid, uji validitas oleh ahli materi II diperoleh presentase sebesar 95% dengan kriteria sangat valid, uji validitas oleh validator ahli media I diperoleh presentase sebesar 95 % dengan kriteria sangat valid, uji validitas oleh validator ahli media II diperoleh presentase sebesar 95% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas oleh guru biologi diperoleh presentase sebesar 94% dengan kriteria sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 03:35 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 03:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8827 |
Actions (login required)
View Item |