Afkarina, Dewi (2022) Manajemen Pemasaran Pendidikan di MTsN 7 Banyuwngi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi T20163060 Dewi Afkarina.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dewi Afkarina, 2022: Manajemen Pemasaran Pendidikan di MTsN 7
Banyuwangi.
Kata Kunci: Manajemen, Pemasaran, Pendidikan.
Manajemen pemasaran bagi madrasah sangatlah penting untuk
memperkenalkan image positif madrasah tersebut, banyak madrasah yang kurang
memperhatikan manajemen pemasarannya padahal dengan adanya manajemen
pemasaran akan banyak hal positif yang bisa diperoleh madrasah seperti bisa
memperkenalkan profil lembaga, prestasi, sarana prasarana, kegiatan
ekstrakurikuler, program unggulan, dll. Pemasaran dalam pendidikan sangat
diperlukan untuk kemajuan lembaga.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan
pemasaran pendidikan di MTsN 7 Banyuwangi?; 2) Bagaimana pelaksanaan
pemasaran pendidikan di MTsN 7 Banyuwangi?; 3) Bagaimana evaluasi
pemasaran pendidikan di MTsN 7 Banyuwangi?.
Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan
perencanaan pemasaran pendidikan di MTsN 7 Banyuwangi; 2) Untuk
mendeskripsikan pelaksanaan pemasaran pendidikan di MTsN 7 Banyuwangi; 3)
Untuk mendeskripsikan evaluasi pemasaran pendidikan di MTsN 7 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan 3 (tiga) teknik
yakni: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis kualitatif dengan model intraktif Miles, Huberman, dan John Saldana
yaitu menganalisis dengan Empat langkah: pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pemasaran pendidikan
terdiri dari lima langkah, dimulai dari: a) Membuat rencana pemasaran dengan
menentukan visi, misi, tujuan madrasah. b) Melakukan analisis ancaman dan
peluang eksternal. c) Melakukan perbanding ancaman dan peluang eksternal). d)
Merencanakan pemasaran dengan beberapa media seperti: media cetak dan media
sosial e) Menawarkan program madrasah seperti program ekstrakurikuler dan
program unggulan. 2) Pelaksanaan manajemen pemasaran pendidikan antara lain:
a) Melaksanakan pemasaran melalui beberapa media seperti media cetak, media
sosial. b) Melaksanakan sosialisasi kelembaga/madrasah ibtidaiyah/sekolah dasar
tentang, visi, misi dan tujuan madrasah dan program madrasah yang meliputi
program unggulan dan ekstakulikuler dan lain-lain. 3) Evaluasi manajemen
pemasaran pendidikan antara lain: a) Evaluasi tahap persiapan, evaluasi yang
dilakukan di awal sebelum melaksakan kegiatan pemasaran dengan mengevaluasi
ketepatan isi pesan serta aktivitas yang dicantumkan di media sosial dan media
cetak. b) Evaluasi tahap pelaksanaan dilakukan selama pelaksanaan pemasaran
yakni minimal dua minggu sekali dan maksimal satu bulan sekali. c) Evaluasi ini
dilaksanakan untuk mengetahui efek dari kegiatan pemasaran tujuannya untuk
mengetahui seberapa banyak orang yang melihat laman facebook, dan seberapa
banyak orang yang melihat laman website madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Dewi Afkarina |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 08:15 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 08:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9093 |
Actions (login required)
View Item |