Implemetasi Ekstrakurikuler Madrasah Diniyah Takmiliyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Siswa Kelas X di SMKN Ihya’ulumudin Singojuruh Banyuwangi.

Indah, Maulidah (2022) Implemetasi Ekstrakurikuler Madrasah Diniyah Takmiliyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Siswa Kelas X di SMKN Ihya’ulumudin Singojuruh Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Watermark (skripsi).pdf

Download (3MB)

Abstract

Indah Maulidah, 2022 : Implemetasi Ekstrakurikuler Madrasah Diniyah Takmiliyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Siswa Kelas X di SMKN Ihya’ulumudin Singojuruh Banyuwangi.
Dr. H. Zainuddin Al Haj, Lc, M.Pd.I
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Madrasah Diniyah, Pendidikan Karakter
Karakter menurut Imam Ghazali adalah suatu sifat yang tertanam dalam jiwa kemudian menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa melakukan pertimbangan fikiran. Karakter itu sendiri merupakan sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang menjadi ciri khas seseorang atau sekelompok orang.
Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi : (1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler madrasah diniyah takmiliyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter siswa kelas X di SMKN Ihya’ulumudin Singojuruh Banyuwangi ? (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler madrasah diniyah takmiliyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter siswa kelas X di SMKN Ihya’ulumudin Singojuruh Banyuwangi ? (3) bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler madrasah diniyah takmiliyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter siswa kelas X di SMKN Ihya’ulumudin Singojuruh Banyuwangi ?
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perencanaan kegiatan ektrakurikuler madrasah diniyah takmiliyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter siswa kelas X di SMKN Ihya’ulumudin Singojuruh Banyuwangi (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler madrasah diniyah takmiliyah dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Siswa Kelas X di SMKN Ihya’ulumudin Singojuruh Banyuwangi. (3) untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler madrasah diniyah takmiliyah dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Siswa Kelas X di SMKN Ihya’ulumudin Singojuruh Banyuwangi.
Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan lapangan (Filed Reseach). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskritif. Keabsahan data menggunakan tringaulasi sumber dan triangulasi teori.
Kesimpulan dalam penelitian:1) perencanaan kegiatan ektrakurikuler madrasah diniyah di SMKN IHya’ulumudin a) Koordinasi madrasah diniyah b) menentukan kegiatan c) menentukan tujuan. 2) Pelaksanakan kegiatan ektrakurikuler madrasah diniyah:a) hari sabtu dimulai pada jam 06:00-11:30, b) pembacaan Al-Qur’an secara klasikal c) kegiatan pembelajarn kitab, d) kegiatan tahunan yang di kemas dalam kegiatan tahunan seperti wisuda santri maulid nabi, dan pesantren ramadhan. 3) evaluasi kegiatan ekstrakurikuler berupa kualitatif observasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Indah Maulidah
Date Deposited: 08 Jul 2022 01:46
Last Modified: 08 Jul 2022 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9108

Actions (login required)

View Item View Item