Peran kepuasan nasabah sebagai variabel intervening pada pengaruh Islamic marketing mix 7P terhadap loyalitas nasabah KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Bondowoso

Rahma, Siti Habibatur (2022) Peran kepuasan nasabah sebagai variabel intervening pada pengaruh Islamic marketing mix 7P terhadap loyalitas nasabah KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Bondowoso. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
SITI HABIBATUR RAHMA_203206060025.pdf
Restricted to Registered users only until 15 July 2022.

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan perekonomian pada saat ini sangatlah pesat dan persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat, suatu perusahaan dituntut untuk melakukan manajemen pemasaran yang terarah guna menguasai pangsa pasar. Oleh karenanya, perusahaan perlu melakukan strategi pemasaran guna memberikan rangsangan kepada konsumen untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih suatu produk. Wilson mengusulkan 7P perspektif Islam, yaitu: Pragmatism, Pertinence, Palliation, Peer-Support, Pedagogy, Persistence dan Patience.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini antara lain: apakah Pragmatism (X1), Pertinence(X2), Palliation(X3), Peer-Support(X4), Pedagogy(X5), Persistence(X6) dan Patience (X7) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah(Z) dan Loyalitas Nasabah(Y), serta apakah Kepuasan Nasabah(Z) berpengaruh Signifikan terhadap Loyalitas Nasabah (Y).
Adapun Tujuan penelitaian ini adalah untuk menganalisis dan menguji apakah Pragmatism (X1), Pertinence (X2), Palliation (X3), Peer-Support (X4), Pedagogy (X5), Persistence (X6) dan Patience (X7) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Z) dan Loyalitas Nasabah (Y), serta apakah Kepuasan Nasabah(Z), berpengaruh Signifikan terhadap Loyalitas Nasabah(Y).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling berupa accidental sampling sejumlah 220 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diukur dengan skala likert, selanjutnya kuisioner diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa Pragmatism berpengaruh signifikan Terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien jalur langsung sebesar 0,132, Pertinence berpengaruh terhadap siginifikan terhadap kepuasan nasabah dengan hasil koefisien jalur langsung sebesar 0,142, Palliation berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan nasabah..dengan hasil koefisien jalur langsung sebesar 0,165, Peer-Suppor berpengaruh signifikan terhadap kepuasan..nasabah dengan..hasil koefisien jalur langsung sebesar 0,123, Pedagogy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan hasil koefisien jalur langsung sebesar 0,260, Persistence berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan hasil koefisien jalur langsung sebesar 0,141, Patience berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan..hasil koefisien jalur langsung sebesar 0,208, Pragmatism berpengaruhsignifikan terhadap loyalitas nasabah dengan koefisien jalur langsung sebesar 0,116, Pertinence berpengaruh siginifikan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil koefisien jalur langsung sebesar 0,256, Palliation berpengaruh siginifikan terhadap loyalitas nasabah..dengan hasil koefisien jalur langsung sebesar 0,115, Peer-Support berpengaruh signifikan terhadap loyalitas..nasabah dengan..hasil koefisien jalur langsung sebesar 0,120, Pedagogy berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil koefisien jalur langsung sebesar 0,217, Persistence berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil koefisien jalur langsung sebesar 0,150, Patience berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan..hasil koefisien jalur langsung sebesar 0,128 dan kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil koefisien jalur langsung sebesar, 0,122.
Kata Kunci: Kepuasan Nasabah, Islamic Marketing Mix 7P, dan Loyalitas Nasabah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Habibatur Rahma
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:57
Last Modified: 09 Aug 2022 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9831

Actions (login required)

View Item View Item