ANALISIS STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH (TABAH) DI KSPP.SYARIAH BMT NUANSA UMAT JAWA TIMUR CABANG MAYANG JEMBER

MAULIDA, ALFIA (2020) ANALISIS STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH (TABAH) DI KSPP.SYARIAH BMT NUANSA UMAT JAWA TIMUR CABANG MAYANG JEMBER. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
alfia maulida E20161137(1).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Alfia Maulida, Nur Hidayat, S.E., M.M 2023: Analisis Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Mudharabah (Tabah) di KSPP. Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Mayang Jember
Sebagai salah satu lembaga keuangan syariah. BMT dipercaya lebih mempunyai peluang untuk berkembang dibandingkan dengan lembaga keuangan lain yang berpotensi secara konvensional. Meskipun untuk mencapai tujuan ini diperlukan kerja keras untuk mewujudkannya. Namun, disamping itu BMT mampu menciptakan strategi segmentasi pasar yang bagus agar dapat meningkatkan jumlah nasabah.
Fokus penelitian ini adalah “Bagaimana strategi segmentasi pasar yang dilakukan pada KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Mayang Jember, Apa kendala yang di hadapi KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Mayang Jember dalam mengimplementasikan strategi segmentasi pasar untuk meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan Mudharabah (Tabah).
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi segmentasi pasar dan kendala yang di hadapi KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Mayang Jember dalam mengimplementasikan strategi segmentasi pasar untuk meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan mudharabah (Tabah). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi menggunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber yaitu mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.
Analisis terhadap hasil temuan data, penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa analisis strategi segmentasi pasar dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan mudharah (Tabah) di KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Mayang Jember menggunakan pendekatan demografi, geografik dan Psikologik/ psikografis. BMT NU memasarkan produk tabungan mudharabahnya melewati promosi (promotion) dengan penyebaran brosur dengan melakukan door to door ke rumah nasabah atau instansi-instansi dan juga adanya sistem jumput bola yang dapat mempermudah nasabah. BMT NU selalu memperhatikan kepuasan nasabah juga, kualitas pelayanan, guna menciptakan loyalitas pelanggan. Karena apabila nasabah puas maka nasabah akan loyal.

Kata kunci: Segmentasi pasar, Tabungan Mudharabah (Tabah)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs ALFIA MAULIDA
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:58
Last Modified: 07 Jul 2023 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25179

Actions (login required)

View Item View Item