Strategi Pemasaran Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Citra Madrasah Di Lembaga Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Wijayanti, Fira Ayu (2023) Strategi Pemasaran Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Citra Madrasah Di Lembaga Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIRA AYU WIJAYANTI_T20193025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kepala Madrasah, Citra

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember yang menjadi salah satu sekolah favorit dan keunggulan di kabupaten Jember, juga seringkali dinilai masyarakat sebagai lembaga yang mampu mewujudkan siswa yang unggul dalam multikompetensi. Hal tersebut dikarenakan strategi pemasaran kepala madrasah untuk meningktkam citra madrasah.
Fokus Penelitian ini adalah 1) bagaimana citra lembaga menurut Stake Holder di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember? 2) bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan citra lembaga di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember? 3) Apa saja kendala dan solusi yang dihadapi oleh kepala madrasah dalam meningkatkan citra lembaga di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana citra lembaga menurut Stake Holder di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan strategi apa saja yang dilakukan kepala madrasah dalam membangun citra lembaga di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan Apa saja kendala dan solusi yang dihadapi oleh kepala madrasah dalam meningkatkan citra lembaga di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana melalui langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik.
Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa : 1. Citra lembaga menurut stake holder di MTsN 1 dibuktikan dengan banyaknya peminat dari luar kota hingga Papua, Bali, dan lain sebagainya, dan prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswi dari segi akademik, keagamaan dan non akademik. Pembiasaan keagamaan yang tetap berdiri kokoh pembiasaan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah di seolah. Adanya muatan lokal baca kita Ta’limul Muta’alim. 2. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan citra lembaga di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember yaitu ada tiga strategi pemasaran yang dilakukan oleh MTsN 1 Jember yakni meliputi segmentasi, targetin dan postioning. 3. Kendala dan solusi yang dihadapi oleh kepala madrasah dalam menjalakan strategi lembaga di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember yaitu, tidak ada kendala serius yang dihadapi oleh Kepala Madrasah kecuali dalam membagi waktu di tengah banyaknya kegiatan yang harus beliau realisasikan. Solusi yang dilakukan oleh kepala madrasah terhadap kendala strategi pemasaran dalam meningkatkan citra di lembaga Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Jember yaitu kepala Madrasah harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin agar bisa menjangkau dan merealisasikan semua tujuan sekolah. Agar tetap menjadi sekolah yang unggul dalam menjaga citra baik lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fira Ayu Wijayanti
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:35
Last Modified: 20 Dec 2023 04:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30584

Actions (login required)

View Item View Item