Implementasi Relationship Marketing Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Pada PT. BPR Nusamba Rambipuji Jember

Maromi, Achmad Unil (2024) Implementasi Relationship Marketing Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Pada PT. BPR Nusamba Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-009-PS-2024)
Achmad Unil Maromi_E20191151.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Achmad Unil Maromi, Siti Masrohatin, 2024:Implementasi Relationship Marketing Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Pada PT. BPR Nusamba Rambipuji Jember
Kata Kunci: Relationship Marketing, Loyalitas Nasabah, BPR Nusamba.

Relationship Marketing yaitu proses menciptakan, menjaga dan meningkatkan hubungan yang kuat bernilai tinggi dengan planggan dan pihak yang berkepentingan lain. Relatonship Marketing merupakan suatu upaya dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, guna mendapatkan kepercayaan , menjalin ikatan, menciptakan komunikasi efektif, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan.
Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi Mututal Benefit Relationship Marketing dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah di PT. BPR Nusamba Rambipuji Jember? 2) Bagaimana Implementasi Commitment Relationship Marketing dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah pada PT. BPR Nusamba Rambipuji Jember? 3) Bagaimana Implementasi Communication Relationship Marketing dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah pada PT. BPR Nusamba Rambipuji Jember? 4) Bagaimana Implementasi Authenticity Relationship Marketing dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah pada PT. BPR Nusamba Rambipuji Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi mutul benefit relationship marketing dalam mempertahankan Loyalitas Nasabah pada PT. BPR Nusamba Rambipuji Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi commitment relationship marketing dalam mempertahankan Loyalitas Nasabah pada PT. BPR Nusamba Rambipuji Jember. 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi communiation relationship marketing dalam mempertahankan Loyalitas Nasabah pada PT. BPR Nusamba Rambipuji Jember. 4) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi Authenticity relationship marketing dalam mempertahankan Loyalitas Nasabah pada PT. BPR Nusamba Rambipuji Jember.
Untuk menjawab permasalahan diatas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data dalam peneltian ini peneliti menggunakan teknik obsevasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi Mutual Benefit Relationship Marketing dengan menaikkan suku bunga sedangkan kepada nasabah dengan memberikan parsel atau hadiah 2) Implementasi Commitment Relationship Marketing dengan memberikan pelayanan secara cepat dan menggunakan satrategi jemput bola 3) Implementasi Communication Relationship Marketing komunikasi yang dilakukan tidak hanya saat bertransaksi tapi pendekatan personal 4) Implementasi Authenticity Relationship Marketing dengan menerima atau melayani complain baik secara langsung maupun tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Achmad Unil maromi
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:22
Last Modified: 03 Jul 2024 04:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35335

Actions (login required)

View Item View Item