Shobirin, Moh. Fuadis (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran Mager Bowl Jember dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-018-KPI-2024)
Moh. Fuadis Shobirin_D20171088.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Tak terhindarkan bahwa pesatnya perkembangan bisnis saat ini menjadikan persaingan pasar yang cukup ketat. Setiap hari, muncul pelaku bisnis baru yang memperkenalkan produk dengan kreativitas dan inovasi baru. Dalam dunia bisnis, strategi komunikasi pemasaran memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk kesadaran dan pemahaman konsumen yang kemudian akhirnya menimbulkan aksi pembelian suatu produk. Uniknya Mager Bowl merupakan usaha makanan yang baru berdiri namun sudah dapat bersaing ditengah-tengah persaingan pasar dan menjadi produk yang banyak diminati di pasaran dalam waktu yang cukup singkat ditandai dengan data terjualnya 10.000 porsi setiap bulannya dan membuka 2 cabang dalam waktu kurang dari 3 tahun.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran Mager Bowl Jember dalam meningkatkan jumlah konsumen? 2) Apa faktor pendukung dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran Mager Bowl Jember?. Tujuan penelitian ini tidak lain adalah: 1) Untuk menjelaskan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Mager Bowl Jember dalam meningkatkan jumlah konsumen. 2) Untuk mengetahui faktor yang mendukung peningkatan jumlah konsumen pada Mager Bowl Jember.
Penelitian ini berjenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan keabsahan data triangulasi sumber dan triangulasi teknik, adapun penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Komunikasi pemasaran memerankan peranan penting dalam melakukan pemasaran, memperhatikan bagaimana segmentasi, targeting dan positioning di awal untuk memudahkan dalam pemasaran yang efektif, menentukan produk, harga, tempat dan promosi yang sesuai dengan target pasar untuk menarik lebih banyak konsumen serta memperhatikan bagaimana profesionalitas usaha dan produk dapat di percaya oleh konsumen melalui visual branding. 2) Kualitas dan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia) sebuah tim dalam membangun usaha merupakan faktor yang menentukan keberhasilan suatu pemasaran tidak hanya itu pemberian perilaku pimpinan terhadap karyawan dalam membentuk karakter juga dapat mendukung terbentuknya solidaritas sehingga pemasaran dapat berjalan efisien.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Meningkatkan Jumlah Konsumen, Strategi.
Actions (login required)
View Item |