Pengaruh Live Streaming dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian di Shopee (Studi pada Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember)

Aini, Habiba Nur (2024) Pengaruh Live Streaming dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian di Shopee (Studi pada Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember). Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Habiba Nur Aini_204105020124.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: Live Streaming, Online Customer Review, Keputusan Pembelian,
Shopee, Mahasiswa
Kemajuan teknologi saat ini mampu merubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja offline (langsung) menjadi belanja online (e-commerce). Belanja online dilakukan pada e-commerce Shopee yang paling populer digunakan oleh konsumen dan juga pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. Keberadaan fitur live streaming dan online customer review memunculkan perubahan transaksi perdagangan online. Ketika konsumen membeli produk di e-commerce hanya mampu melihat produk melalui foto atau video, kini konsumen dapat berinteraksi langsung dengan penjual dan bisa mengakses ulasan dari konsumen lain.
Rumusan masalah penelitian ini 1) apakah secara parsial live streaming berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember di Shopee? 2) apakah secara parsial online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember di Shopee? 3) apakah secara simultan live streaming dan online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember di Shopee?
Tujuan penelitian 1) untuk mengetahui pengaruh signifikan live streaming secara parsial terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember di Shopee 2) untuk mengetahui pengaruh signifikan online customer review secara parsial terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember di Shopee 3) untuk mengetahui pengaruh signifikan live streaming dan online customer review secara simultan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember di Shopee
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini mahasiswa aktif FEBI UIN KHAS Jember angkatan 2020-2023 dengan teknik sampling nonprobability sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online. Teknik analisis data dengan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedatisitas, analisis regresi linear berganda dan koefisien determinansi.
Kesimpulan penelitian ini adalah secara parsial live streaming berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. Online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. Secara simultan live streaming dan online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Habiba Nur Aini
Date Deposited: 07 Jan 2025 06:33
Last Modified: 07 Jan 2025 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39352

Actions (login required)

View Item View Item