Dewi, Sumila Puspita (2024) JUAL BELI AIR MILAGROS DENGAN METODE MULTI LEVEL MARKETING MENURUT TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus Desa Selok Awar-Awar, Lumajang). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
watermark.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sumila Puspita Dewi, 2024 : JUAL BELI AIR MILAGROS DENGAN METODE MULTI LEVEL MARKETING MENURUT TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus Desa Selok Awar-Awar,Lumajang)
Kata Kunci : Multi Level Marketing, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Perlindungan Konsumen
Didalam jual beli yang menggunakan metode ini membutuhkan keterangan mengenai hukum ekonomi syariah dan juga hukum perlindungan konsumen. Urgensi peneitian ini yaitu yang terkait halal haramnya yang masih diragukan didalam masyarakat. Pada praktik jual beli air milagros ini menggunakan metode Multi Level Marketing dimana pada praktik yang menggunakan metode ini diragukan banyak orang terkait halal haramnya suatu produk. Oleh karena itu, peneliti mengambil judul diatas dikarenan untuk meyakinkan masyarakan tentang status hukum suatu produk dan aman bagi konsumen.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1.Bagaimana praktik jual beli pada pemasaran air milagros? 2.Bagaimana pandangan Hukum Ekonomi Syariah terhadap paraktik Multi Level Marketing pada Air Milagros di Desa Selok Awar-Awar? 3.Bagaimana perlindungan hukum terhadap kesehatan konsumen, menurut pandangan hukum perlindungan konsumen?. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengkaji praktik jual beli air milagros, Untuk mengkaji status hukum Multi Level Marketing, Untuk mengkaji pandangan hukum terkait jual beli air milagros menurut hukum perlindungan konsumen.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan menggunakan dan menerapkan pendekatan sosiologi hukum, pendekatan studi kasus, dan pendekatan perundang-undangan. Lokasi penelitian yanng diambil dalam skripsi ini yaitu terletak di Desa Selok Awar-Awar, Lumajang. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan Observasi, Wawancara, Studi kepustakaan, dan Dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan proses analisis data juga uji keabsahan data guna untuk mendapatkan hasil dari kesimpulan data yang telah dikumpulkan atau diteliti.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Bagi sistem praktik jual belinya lebih di perjelas lagi agar masyarakat tau dengan betul bagaimana proses jual belinya. 2. Pandangan hukum ekonomi syariah terkait metode Multi Level Marketing diyakinkan halal. Kecuali didalamnya ada sistem kecurangan seperti riba, gharar, judi. 3. Pandangan Hukum Perlindungan Konsumen yaitu dalam hal ini memberitahu tentang legalitas suatu produk apabila ada konsumen yang mempersengketakan tentang air milagros ini. Bahkan dari Undang - Undang nomor 8 pasal 4 bab III Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen menjelaskan bahwa hak konsumen perlu dilayani dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam |
Depositing User: | Sumila Puspita Dewi |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 06:24 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 06:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39663 |
Actions (login required)
View Item |