PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SEMPU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Muhamad, Febriyanto (0025) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SEMPU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN K.H Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FEBRI WATERMARK1.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Febriyanto, berjudul “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan
Terhadap Minat Baca Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 1
Sempu Tahun Pelajaran 2020/2021”
Kata kunci : Minat Baca, Pemanfaatan Perpustakaan, Ilmu Pengetahuan
Sosial
Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah Terdapat Pengaruh
Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Pada Mata Pelajaran IPS
Kelas VII di SMP Negeri 1 Sempu Tahun Pelajaran 2020/2021 ? Tujuan
penelitian Untuk mengetahui adakah pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan
Terhadap Minat Baca Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 1
Sempu Tahun Pelajaran 2020/2021.
Metode Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif.
metode penelitian kuantitatif digunakan sebagaimetode yang digunakan untuk
meneliti pada populasi atau sampel tertentu, mengumpulkan data dengan
instrumen penelitian, analisis data bersifat statistic, dengan tujuan untuk
menguji hipotesis yang telah ditetapkan. penelitian kuantitatif dapat
mengubah strategi pengajaran dengan sengaja mengadakan perubahan
terhadap pembelajaran dengan melakukan eskperimen.
Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan, maka telah di
dapatkan hasil yang menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan
memiliki pengaruh minat baca pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1
Sempu. Adapun prediksi pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap minat
baca ditunjukan dengan uji regresi linear sederhana dengan signifikansi 0,004
yang artinya ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan yang menimbulkan
minat baca siswa menurun.
Melihat dari rumusan masalah pada penelitian ini yaitu peneliti melakukan
analisis data dengan mengunakan penelitian kuantitatif dengan program bantu
SPSS statistic 25. Dengan menggunakan rumus uji regresi linear sederhana,
dapat dikatakan ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap minat baca,
dengan hasil tingkat signifikansi sebesar 0,04 > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: mr muhamad febriyanto
Date Deposited: 26 Jun 2023 08:02
Last Modified: 26 Jun 2023 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24435

Actions (login required)

View Item View Item