Motivasi Pedagang Dalam Penerapan Prinsip Nubuwwah Di Wisata Religius Sunan Giri Pasca Pandemi Covid-19

Muharromah, Shofiyatul (2023) Motivasi Pedagang Dalam Penerapan Prinsip Nubuwwah Di Wisata Religius Sunan Giri Pasca Pandemi Covid-19. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shofiyatul Muharromah _E20192010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Motivasi Pedagang, Prinsip Nubuwwah

Motivasi pedagang merupakan seseorang yang mendrong keinginannya untuk melakukan kegiatan jual beli agar mendapatkan keutungan. Seorang pedagang harus menerapkan prinsip nubuwwah supayah mendapat keberkahan dari Allah SWT.
Fokus pada penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana motivasi pedagang di wisata religius Sunan Giri pasca pandemi Covid-19? 2. Bagaimana penerapan shiddiq di wisata religius Sunan Giri? 3. Bagaimana penerapan amanah di wisata religius Sunan Giri? 4. Bagaimana penerapan tabligh di wisata religius Sunan Giri? 5. Bagaimana penerapan fathonah di wisata religius Sunan Giri?
Tujuan dari penelitian ini: 1. Untuk mengetahui bagaimana cara motivasi pedagang di wisata religius Sunan Giri pasca pandemi Covid-19. 2. Untuk mengetahui bagaimana cara penerapan shiddiq di wisata religius Sunan Giri. 3. Untuk mengetahui bagaimana cara penerapan amanah di wisata religius Sunan Giri. 4. Untuk mengetahui bagaimana cara penerapan tabligh di wisata religius Sunan Giri. 5. Untuk mengetahui bagaimana cara penerapan fathonah di wisata religius Sunan Giri.
Dalam penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan teknik purposive dan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Motivasi pedagang di wisata religius makam Sunan Giri sangat berpengaruh bagi mereka, karena berdagang tidak hanya membutuhkan usaha akan tetapi berdagang membutuhkan skill dan kerja keras agar tahan banting menghadapi naik turunnya pembeli, selain itu pedagang juga harus memperhatikan keuntungan, impian personal atau impian kedepannya, kebebasan dan kemandirian dalam melakukan kegiatannya. 2. Kejujuran paling penting bagi para pedagang agar dipercaya oleh pembeli, menjual sesuai harga pasar, dan tidak mengurangi takaran makanan. 3. Pedagang memperhatikn kualitas mutu produk, tidak membeda-bedakan antara pembeli satu dengan pembeli yang lainnya, dan menjual barang dengan sesuai harga pasar. 4. Pedagang menyampaikan barang dagangan sesuai dengan kualitas produk yang akan di beli oleh pembeli. 5. Pedagang selalu berusaha memberikan produk yang terbaik, berkualitas dan unik agar yang dihasilkan bagus, menawarkan dagangannya setiap pengunjung lewat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Shofiyatul Muharromah
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:55
Last Modified: 22 Dec 2023 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30700

Actions (login required)

View Item View Item