MANAJEMEN PROGRAM KEGIATAN LOPSSTER (Lomba Pramuka SD/MI SMP/MTs Se Kabupaten Jember) DI MADRASAH ALIYAH AL-QODIRI 1 JEMBER

Rofiah, Saidatur (2024) MANAJEMEN PROGRAM KEGIATAN LOPSSTER (Lomba Pramuka SD/MI SMP/MTs Se Kabupaten Jember) DI MADRASAH ALIYAH AL-QODIRI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-001-MPI-2024)
Saidaturrofiah_202101030015-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (26MB)

Abstract

Saidatur Rofiah, 2024: Manajemen Program Kegiatan LOPSSTER (Lomba Pramuka SD/MI SMP/MTS Terampil Se Kabupaten Jember Terbuka)di Madrasah Aliyah Al – Qodiri 1 Jember .
Kata Kunci: Manajemen, Program , Kegiatan LOPSSTER
Manajemen Program adalah suatu rancangan, desain, maupun bentruk lainya yang disusun sesuai alur algoritma dengan tujuan mempermudah suatur permasalahan. LOPSSTER adalah singkatan dari Lomba Pramuka SD/MI MTS/SMP Terampil se Kabupaten Jember Terbuka.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Program Kegiatan LOPSSTER di MA Al – Qodiri 1 Jember? 2) Bagaimana Pengorganisasian Program Kegiatan LOPSSTER di MA Al – Qodiri 1Jember? 3) Bagaimana Pelaksanaan Program Kegiatan LOPSSTER di MA Al – Qodiri 1 Jember? 4) Bagaimana Pengawasan Program Kegiatan LOPSSTER di MA Al – Qodiri 1Jember ?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Program Kegiatan LOPSSTER di MA Al – Qodiri 1 Jember . 2) Untuk Mendeskripsikan Pengorganisasian Program Kegiatan LOPSSTER di MA Al – Qodiri 1Jember. 3) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Program Kegiatan LOPSSTER di MA Al – Qodiri 1 Jember.4) Untuk Mendeskripsikan Pengawasan Program Kegiatan LOPSSTER di MA Al – Qodiri 1 Jember.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif . Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini: 1) Perencanaan yang dilakukan pada program kegiatan LOPSSTER dimulai dari rapat pemilihan ketua panitia, pembentukan seluruh panitia, dan penentuan tanggal pelaksanaan. Rapat lanjutan membahas tentang perlombaan yang akan dilombakan, pembuatan dan pengajuan proposal dari pantia ke MA Al – Qodiri, rapat lanjutan membahas teknis setiap perlombaan. 2) Pengorganisasian yang dilakukan pada program kegiatan LOPSSTER dimulai dari mengumpulkan seluruh anggota pramuka MA Al – Qodiri, Langkah berikutnya memberi penjelasan tupoksi di setiap devisi. Menanyakan kesiapan dan kesanggupan berada didevisi yang dipilih. Mengelompokkan perdevisi dan disama ratakan setiap jumlah pedevisi. Dan memilih koordinator setiap devisi. 3) pelaksanaan yang dilakukan pada program kegiatan LOPSSTER dimulai dari melaksanakan program kegiatan Lopsster sesuai dengan tugas dan fungsi yang telah disampaikan ketika pemaparan tupoksi setiap devisi, penilaian setiap perlombaan di lakukan oleh tim juri yang sudah ditunjuk oleh panitia LOPSSTER. 4) Pengawasan atau Monitoring terkait pelaksanaan yang telah dilakukan apakah berjalan sesuai dengan yang di rencanakan atau tidak , pengawasan ini dilakukan pada saat kegiatan sedang berlangsung oleh Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Pembina , dan Ketua Panitia program kegiatan LOPSSTER.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Saidatur Rofiah
Date Deposited: 16 May 2024 04:25
Last Modified: 04 Jul 2024 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32675

Actions (login required)

View Item View Item