Strategi Pemasaran Rumput Laut Gracilaria Sp Di Koperasi Agar Makmur Sentosa Kabupaten Sidoarjo

Zuhro, Dinda Ainun (2024) Strategi Pemasaran Rumput Laut Gracilaria Sp Di Koperasi Agar Makmur Sentosa Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN K.H Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-042-ES-2024)
HARD ok.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dinda Ainun Zuhro, M.F. Hidayatullah, 2024: Strategi Pemasaran pada
Rumput Laut Gracilaria Sp di Koperasi Agar Makmur Sentosa Kabupaten
Sidoarjo.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Rumput Laut, Gracilaria Sp, Koperasi Agar
Makmur Sentosa.

Strategi pemasaran adalah upaya yang dibuat agar perusahaan dapat mencapai target pemasaran. Pemasaran atau marketing adalah usaha untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan social secara menguntungkan. Koperasi Agar Makmur Sentosa adalah salah satu koperasi di Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo yang sukses dalam memasarkan salah satu potensi alam di Sidoarjo yakni rumput laut gracilaria. Namun meski sudah mampu memasarkan dengan baik, nyatanya koperasi ini juga mengalami kendala kendala dalam proses pemasarannya.

Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pemasaran hasil budi daya rumput laut gracilia Sp di Koperasi Agar Makmur Sentosa Kabupaten Sidoarjo. (2) Bagaimana kendala yang dihadapi koperasi agar makmur sentosa dalam menjalankan strategi pemasaran rumput laut gracilaria Sp. (3) Bagaimana solusi dalam mengatasi kendala yang dihadapi koperasi agar makmur sentosa dalam menjalankan strategi pemasaran rumput laut gracilaria Sp.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang ada di koperasi agar makmur sentosa dalam memasarkan rumput laut gracilaria, kendala dan solusi yang ada di koperasi agar makmur sentosa.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian, dan menarik kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Strategi Pemasaran koperasi agar makmur sentosa di Kabupaten Sidoarjo dilakukan dengan menggunakan metode marketing mix yang terdiri dari 7P yaitu produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, bukti fisik. (2) Kendala pemasaran yang ditemukan di koperasi agar makmur sentosa terdapat pada tiga unsur bauran pemasaran yakni produk (product), harga (price) dan promosi (promotion). (3) Dalam mengatasi kendala pemasaran rumput laut gracilaria sp, koperasi agar makmur sentosa memiliki beberapa solusi yang terdapat pada produk (product), harga (price) dan promosi (promotion).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dinda Ainun Zuhro
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:39
Last Modified: 02 Jul 2024 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35007

Actions (login required)

View Item View Item