Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang Di Pasar Songgon Kabupaten Banyuwangi

nuruhum, risa (2024) Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Pedagang Di Pasar Songgon Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI RISA YASA NURUHUM WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Pasar Tradisional, Kepuasan Pedagang.

Pasar tradisional merupakan pasar yang dibangun dan dikelola oleh pemerintah, swasta, koperasi, atau swadaya masyarakat setempat dengan membangun suatu usah a seperti toko, kios, tenda atau lainnya, yang diolah oleh pedagang kecil, dengan skala usaha mikro, dengan proses jual beli tawar menawar. Pengembangan pasar memang tidaklah mudah. Revitalisasi pasar memakan biaya yang tinggi. Selain itu di beberapa tempat pengembangan pasar sering dianggap memarginalisasi pedagang lama karena pedagang ditarik retribusi yang lebih besar dari pada pedagang yang baru.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi yang dilakukan dalam meningkatkan kepuasan pedagang di pasar Songgon Banyuwangi? 2) Apa tantangan dan hambatan pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedangan di pasar Songgon Banyuwangi?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Guna mengetahui startegi yang dilakukan dalam meningkatkan kepuasan pedagang pasar tradisional di Pasar Songgon Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui tantangan dan hambatan pengembangaan pasar tradisional dalam upaya meningkatkan kepuasan pedagang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Data primer digunakan sebagai metode pengumpulan data, dengan memakai teknik instrumen pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian kualitatif, uji keabsahan data meliputi credibility, transferability, dependability, dan confirmability.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pengembangan dalam meningkatkan kepuasan pedagang dengan meningkatkan kualitas barang yang dijual agar meningkatnya jumlah konsumen. 2) Adanya tantangan dan hambatan membuat pedagang semangat dalam meningkatkan produktivitasnya. Adapun tantangan dan hambatan yang terjadi dilapangan fakta yang terjadi di lapangan adalah kepuasan pedagang. Sesuai dengan prinsip yang sering diucapkan oleh pedagang. Sebagian besar kepuasan pedagang di pasar Songgon sudah terpenuhi, karena banyaknya konsumen yang merasa puas akan barang yang mereka beli dengan kualitas barang yang bagus dan harga yang murah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Risa Yas'a
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:31
Last Modified: 12 Jul 2024 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36464

Actions (login required)

View Item View Item