Baroza, Ahmad Syahuril (2025) Peran Transformasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Pendapatan Perspektif Ekonomi Islam (Studi UMKM Mie Ganas Jember). Undergraduate thesis, UIN KIAI Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI AHMAD SYAHURIL BAROZA new.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci: Transformasi, Digital Marketing, Pendapatan UMKM, Ekonomi Islam
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran transformasi digital marketing dalam meningkatkan pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Mie Ganas yang berlokasi di Kabupaten Jember. Di tengah perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, pelaku UMKM dituntut untuk melakukan inovasi dalam strategi pemasaran agar dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Digital marketing menjadi salah satu strategi yang dinilai efektif untuk memperluas jangkauan pasar serta meningkatkan efisiensi dalam menjangkau konsumen.
Fokus penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran dari tranformasi digital marketing terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Mie Ganas Jember. 2) Untuk mengetahui kendala, solusi dan manfaat penerapan tranformasi digital marketing oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Khususnya di Mie Ganas Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah gambaran tentang arah yang akan dituju dalam melakukan penelitian antara lain: 1) Untuk mengetahui peran dari tranformasi digital marketing terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Mie Ganas Jember. 2) Untuk mengetahui kendala, solusi dan manfaat penerapan tranformasi digital marketing oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Khususnya di Mie Ganas Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pelaku usaha dan pihak terkait yang terlibat langsung dalam kegiatan pemasaran Mie Ganas. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan ekonomi Islam sebagai perspektif untuk mengevaluasi etika dalam penerapan digital marketing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berperan signifikan dalam mendongkrak pendapatan Mie Ganas. Media sosial seperti Instagram, serta layanan pesan antar seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood memberikan kontribusi besar dalam menjangkau konsumen lebih luas, khususnya di kalangan anak muda dan pekerja. Hal ini mendorong peningkatan penjualan serta memperkuat brand awareness produk di masyarakat.Dalam perspektif ekonomi Islam, strategi pemasaran yang digunakan Mie Ganas dinilai sesuai dengan prinsip syariah selama tidak mengandung unsur riba, gharar, atau penipuan. Aktivitas promosi dilakukan secara transparan dan tidak merugikan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa transformasi digital marketing tidak hanya berkontribusi pada peningkatan ekonomi, tetapi juga dapat sejalan dengan prinsip-prinsip Islam yang menekankan etika dan keadilan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ahmad Syahuril Baroza |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:45 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47230 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |