IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK BENIH SEMANGKA DI CV. SAMPOERNA JAYA SUKAMAKMUR JEMBER

Ramadhan, Muhammad Faisal (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK BENIH SEMANGKA DI CV. SAMPOERNA JAYA SUKAMAKMUR JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
skripsi lengkap (watermax) 1.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

M. Faisal Ramadhan, Daru Anondo,S.E,M.Si. 2021. “Implementasi Strategi STP (Segmentaton i, Targetting, dan Positioning) Produk Benih Semangka di CV.Sampoerna Jaya Sukamakmur”.

Persaingan antar perusahaan bukan hanya dari segi jenis produknya tetapi kualitas dari produk tersebut dan bagaimana cara perusahaan memasarkan produknya kepada konsumen. Perusahaan yang mampu bersaing adalah perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif, dimana perusahaan tersebut dapat menjalankan strategi segmentasi, targeting, dan positioning yang tepat. Oleh karena itu, perusahaan harus bertindak cepat dan aktif dalam memasarkan produknya, meningkatkan kualitas produk dan terus berinovasi terhadap produknya. Kegiatan pemasaran yang gencar dilakukan dan bertujuan agar konsumen tidak beralih ke merek lain.
Fokus masalah yang di teliti adalah: 1) Bagaimana strategi STP produk semangka di CV. Sampoerna Jaya Sukamakmur? 2) Apa saja kendala-kendala dalam strategi STP produk semangka di CV. Sampoerna Jaya Sukamakmur? 3) Apa saja solusi yang dilakukan dalam strategi STP produk semangka di CV. Sampoerna Jaya Sukamakmur ?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan). Teknik sampel yang dipilih adalah purposive sampling yaitu menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal ddengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang
digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) strategi yang diterapkan di CV. Sampoerna Jaya Sukamakmur yakni: segmentasi dengan menggunakan mode demografis dan pisikografis. Dalam proses pemasarannya, pihak perusahaan juga perlu menentukan pasar sasaran yang dituju. Sasaran pasar disesuaikan dengan proses pemasaran yang telah ditetapkan. 2) Dengan maraknya produksi Benih Semangka yang di pasarkan bebas dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat kecil dan lebih murah dari harga produk perusahaan CV.Sampoerna Jaya Sukamakmur. 3) mempunyai renacana untuk berinovasi supaya dapat menarik para konsumen untuk membeli. Berinovasi disini misalnya berusaha untuk mencoba kembali menciptakan aneka benih semangka baru dan tentunya dengan kualitas yang semakin bagus dengan kemasan semenarik mungkin.

Kata kunci: Strategi STP. Kendala. Solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Faisal Ramadhan
Date Deposited: 01 Apr 2022 01:42
Last Modified: 01 Apr 2022 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5201

Actions (login required)

View Item View Item