Khumayroh, Adelia (2022) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM PROMOSI DAN EDUKASI DI SANGGAR BATIK MAGENDA BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text
Adelia Khumayroh_E20182003.pdf Download (4MB) |
Abstract
Adelia Khumayroh, 2022: Strategi Marketing Public Relations Dalam Promosi dan Edukasi Di Sanggar Batik Magenda Bondowoso.
Kata kunci: Strategi Marketing Public Relations, Promosi, Edukasi, Batik Magenda
Sanggar batik Magenda merupakan industri batik yang termasuk pendatang
baru dalam dunia perindustrian batik di Kabupaten Bondowoso, sebagai pendatang baru pastinya dibutuhkan berbagai strategi untuk menarik minat konsumen dan membuat identitas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta batik. Terdapat tiga industri batik yang lokasinya cukup berdekatan dengan batik magenda. Tetapi batik magenda mampu untuk bersaing dengan mempertahankan keunikan dan kretivitas motif batik yang diproduksi, sehingga omset penjualannya pun tidak berselisih jauh dengan industri lain yang lebih dahulu berdiri.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana Strategi Marketing
Public Relations dalam promosi dan edukasi di sanggar batik Magenda Bondowoso. 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam promosi dan edukasi di sanggar batik Magenda Bondowoso.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan Strategi Marketing Public Relations dalam promosi dan edukasi di sanggar batik Magenda Bondowoso 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung Strategi Marketing Public Relations dalam promosi dan edukasi di sanggar batik Magenda Bondowoso.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reearch) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan data reduction (data reduksi), data display (penyajian data), dan data conculusion (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian ini adalah 1) Strategi Marketing Public Relations sanggar
batik Magenda Bondowoso menggunakan three ways strategy sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Thomas L. Harris yaitu Push Strategy, Pass Strategy dan Pull Strategy, promosi yang diterapkan yaitu periklanan, promosi penjualan, publikasi dan personal selling. Sementara edukasi dilakukan dengan pelatihan dan pemberian caption tentang sejarah motif yang diangkat. 2) Faktor pendukung dan penghambat Marketing Public Relations dalam promosi dan edukasi sanggar batik Magenda yaitu faktor penghambat yakni kurang optimal dalam pemanfaatan media
sosial, perubahan iklim dan cuaca. Sementara faktor pendukung yakni memiliki banyak relasi sehingga mudah untuk membangun citra produk, aktif dalam kegiatan lomba fashions show dan event, bekerja sama dengan desainer sehingga produknya dapat dikenal tidak hanya di Kota Bondowoso tetapi juga diluar daerah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Adelia Khumayroh |
Date Deposited: | 31 May 2022 07:50 |
Last Modified: | 31 May 2022 07:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6924 |
Actions (login required)
View Item |