MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEMBER PERIODE 2021/2022

Ghovind Surur Hafili, Ahmad (2022) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEMBER PERIODE 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD GHOVIND SURUR HAFILI REVISI FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ahmad Ghovind Surur Hafili, 2022: Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2021-2022.
Kata Kunci: Manajemen humas, Kepuasan Pelanggan
Manajemen humas dalam meningkatkan kepuasan pelanggan adalah bagaimana humas atau sebagai penghubung antara lembaga pendidikan dengan wali murid sehingga wali murid sebagai pelanggan disini mendapatkan kepuasan, baik dari pelayanan dari lembaga tersebut ataupun dari produk yang telah dihasilkan.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini 1) Bagaimana konsep perencanaan manajemen humas dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun ajaran 2021-2022? 2) Bagaimana pola pelaksanaan manajemen humas dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun ajaran 2021-2022? 3) Bagaimana model evaluasi manajemen humas dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun ajaran 2021-2022?
Tujuan Penelitian 1) Untuk mendeskripsikan konsep perencanaan manajemen humas dalammeningkatkan kepuasan pelanggan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pola pelaksanaan manajemen humas dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan teknik evaluasi manajemen humas dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan analisis data interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, tahap analisis data.
Adapun hasil dari penetian ini yaitu antara lain 1) Perencanaan manajemen humas di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember adalah meliputi perencanaan humas harus menetapkan tujuan yang jelas, memperhatikan informasi yang akan disampaikan beserta media yang akan digunakan, menentukan apa yang ingin dicapai, berapa lama, berapa orang serta biaya yang dibutuhkan 2) Pelaksanaan manajemen humas di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember yaitu adanya kerja sama antara humas dengan internal madrasah seperti kurikulum, kesiswaan, serta sarana prasana, juga dilakukan antar kerjasama dengan pihak eksternal madrasah, menyampaikan informasi mengenai kegiatan- kegiatan marasah kepada khalayak ramai baik secara langsung ataupun tidak langsung. 3) Evaluasi manajemen humas yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember dilaksanakan secara langsung dan tidak langsung. Evaluasi secara langsung dilaksanakan setelah selesainya humas berjalan Sedangkan evaluasi secara tidak langsung dilakukan dibulan bulan tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Ahmad Ghovind Surur Hafili
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:12
Last Modified: 19 Jul 2022 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8988

Actions (login required)

View Item View Item