Implementasi Strategi Fundraising Dalam Pengoptimalan Penghimpunan Zakat Profesi Pada BAZNAS Kota Pasuruan

KHALIM, AKHMAD (2024) Implementasi Strategi Fundraising Dalam Pengoptimalan Penghimpunan Zakat Profesi Pada BAZNAS Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AKHMAD KHALIM_212105040005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Zakat profesi merupakan salah satu zakat era kontemporer yang wajib untuk dilaksanakan, dengan adanya mayoritas pekerja profesi pada kota pasuruan membuat potensi zakat profesi sangat melimpah dimana peran baznas kota pasuruan sebagai lembaga zakat harus bisa menerapkan strategi fundraisingnya dengan baik agar proses penghimpunan zakat tersebut dapat berjalan optimal.
Fokus yang dilakukan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi strategi fundraising pada BAZNAS Kota Pasuruan, dan apa saja faktor–faktor yang berdampak bagi penghimpunan zakat profesi pada BAZNAS Kota Pasuruan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi strategi fundraising pada BAZNAS Kota Pasuruan dan juga untuk mendeskripsikan faktor–faktor yang berdampak bagi penghimpunan zakat profesi pada BAZNAS Kota Pasuruan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk menentukan informan peneliti menggunakan teknik utama purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisi data yang digunkan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan strategi fundraising guna mengoptimalkan penghimpuan zakat profesi yang diterapkan oleh BAZNAS Kota Pasuruan diantaranya: strategi sosialisasi dan fundraising berbasis promosi media. Lalu faktor yang berpengaruh terhadap fundraising dan penghimpunan zakat terdapat dua faktor, yakni internal lembaga dan eksternal lembaga.

Kata Kunci: Fundraising, Penghimpunan, Zakat Profesi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140203 Economic History
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Akhmad Khalim
Date Deposited: 20 Nov 2024 01:35
Last Modified: 20 Nov 2024 01:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37102

Actions (login required)

View Item View Item