Affa, Cindy Akmaliatul (2023) Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Putra Sederhana Sambirejo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
CINDY AKMALIATUL AFFA_E20192395.pdf Download (4MB) |
Abstract
Cindy Akmaliatul Affa, Agung Parmono, S.E., M.Si 2023: Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Putra Sederhana Sambirejo.
Persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat membuat para pengusaha mencari strategi yang tepat untuk memasarkan produknya. Perkembangan teknologi dan industri saat ini memberikan dampak bagi kehidupan manusia terutama dalam dunia usaha. Banyaknya usaha yang bermunculan baik perusahan kecil maupun perusahaan besar, memberikan dampak pada persaingan yag ketat, terutama dengan usaha yang sejenis. Oleh karena itu setiap pelaku usaha perlu mencermati perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dalam usaha-usaha pemasaran yang dilakukan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah lokasi, keragaman produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan baik secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada UD. Putra Sederhana Sambirejo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh lokasi, kergaman produk, harga dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada UD. Putra Sederhana Sambirejo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif dengan jenis penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen UD. Putra Sederhana, dengan sampel sebanyak 97 responden. Dengan tekinik sampel accidental sampling. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diperoleh dalam pengujian secara parsial bahwa variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UD. Putra Sederhana Sambirejo dengan nilai Sig 0,018 < 0,05 dan t hitung > t tabel yaitu 2,403 > 1,986, Variabel keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UD. Putra Sederhana Sambirejo dengan nilai Sig 0,011 < 0,05 dan t hitung > t tabel yaitu 2,610 > 1,986, Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UD. Putra Sederhana Sambirejo dengan nilai Sig 0,001 < 0,05 dan t hitung > t tabel yaitu 3,517 > 1,986, variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UD. Putra Sederhana Sambirejo berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UD. Putra Sederhana Sambirejo dengan nilai Sig 0,025 < 0,05 dan t hitung > t tabel yaitu 2,279 > 1,986. Dan pengujian secara simultan bahwa semua variabel lokasi, keragaman produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UD. Putra Sederhana Sambirejo dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan F hitung > F tabel yaitu 58,068 > 2,47 dengan nilai pengaruh sebesar 71,6.
Kata Kunci: Lokasi, Keragaman Produk, Harga, Promosi, dan Keputusan Pembelian.
Actions (login required)
View Item |